Jogja
Senin, 24 April 2017 - 09:22 WIB

KULINER JOGJA : Unik, Bakso Degan Serba Ikan, Bagaimana Rasanya?

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bakso ikan degan (Mayang Nova Lestari/JIBI/Harian Jogja)

Kuliner Jogja bakso ikan degan merupakan menu baru yang diperkenalkan

Harianjogja.com, JOGJA — Bakso Ikan Degan menjadi kuliner yang cukup menarik perhatian berbagai kalangan. Menu yang terbilang anyar di kota Jogja juga sebagai satu-satunya warung yang dibuka di Jl Sugeng Jeroni 62 Bugisan, Jogja.

Advertisement

Adriana Esti Widyawati, salah satu pemilik Warung Berkah, yakni warung yang menyajikan kuliner unik Bakso Ikan Degan sejak 12 Desember 2016 lalu. Kuliner ini kian mendapat respon positif di masyarakat jogja. Inspirasi menciptakan keunikan kuliner Bakso Ikan Degan diakui perempuan yang akrab disapa Wiwik ini didapat sejak Maret 2016 lalu. Kuliner aneh dan cukup unik terinspirasi dari salah satu resto hotel di Pelabuhan Ratu bersama tiga orang temannya.

Percobaan demi percobaan dilakukan untuk membuat formula yang istimewa untuk resep masakannya itu agar tak beraroma amis, kuah yang tetap segar tidak mengental seperti santan. Juga memerhatikan kualitas Bakso ikan kakap yang digunakan dalam setiap menu merupakan produk premium didatangkan langsung dari Sidoharjo, Jawa Timur.  Dari bulan Maret 2016 sampai akhirnya ia berani untuk membuka Warung Berkah setelah seorang Chef dari sebuah restoran di Jogja iku menyicipi dan mengatakan Bakso Ikan Degan layak jual.

“Cara penyajiannya pun harus melalui sejumlah tahapan, agar kuah bakso tetap segar,” kata Wiwik, beberapa waktu lalu.

Advertisement

Pertama, Air kelapa segar dituangkan dengan campuran sedikit air lalu dicampur dengan racikan bumbu istimewa milik Wiwik. Racikan kuah bakso tersebut selanjutnya dimasak lalu diolah dengan bakso ikan. Air kelapa dibuka setiap kali pesanan datang, sehingga tetap fresh.

Menu kuliner Bakso Ikan Degan yang cukup unik ini pun disajikan dalam wadah yang unik pula, yakni dalam mangkok yang berasal dari buah kelapa asli. Kuah bakso merupakan air kelapa murni yang telah dipadukan dengan mie yang merupakan serutan daging kelapa yang rasanya gurih dan pas di lidah.

Warung Berkah yang mulai buka pukul 11.00 hingga 19.00 WIB tersebut menyajikan sejumlah menu diantaranya Bakso ikan degan dengan range harga Rp15.000 sampai Rp20.000. Bakso pun dapat ditentukan konsumen meliputi ilihan Baso ikan, udang, cumi, seafood+ Tofu. Sementara untuk nminuman tersaji Es Kacang Merah, Es Degan Utuh, EsDegan Mangkok, Es Jeruk dan Esteh mulai Rp3.000 hingga Rp10.000

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif