News
Senin, 24 April 2017 - 20:00 WIB

Bandara Adi Soemarmo Kian Sibuk dalam 3 Hari

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi maskapai penerbangan (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Bandara Adi Soemarmo kian sibuk dalam 3 hari terakhir seiring libur panjang akhir pekan.

Solopos.com, SOLO — Penumpang memadati bandara dan stasiun di hari terakhir long weekend atau libur panjang ini. Tidak hanya penumpang luar kota yang meninggalkan Solo, tapi banyak juga masyarakat Solo yang kembali setelah berlibur.

Advertisement

Airport Duty Manager (ADM) PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo, Legino, menyampaikan mulai Kamis (20/4/2017) penumpang yang datang cukup tinggi, yakni mencapai 4.227 orang. Pada Jumat (21/4/2017), jumlah penumpang yang datang agak turun menjadi 3.899 orang, sedangkan yang berangkat mencapai 3.636 orang.

Sedangkan pada Sabtu (22/4/2017), meski bandara sempat ditutup selama 1,5 jam, jumlah penumpang tetap normal. Ada 4.426 penumpang domestik yang datang dan penumpang berangkat sebanyak 3.815 orang. Sedangkan penerbangan internasional, ada 171 orang yang datang dan 132 orang berangkat.

Begitu juga pada Minggu (23/4/2017), jumlah penumpang juga cenderung normal dikisaran 3.335 orang datang dan 3.398 orang berangkat. “Liburan kali ini tidak ada lonjakan penumpang secara signifikan. Hal ini karena tidak dibarengi dengan hari libur sekolah,” ungkap Legiono saat dihubungi Solopos.com, Senin (24/4/2017).

Advertisement

Oleh karena itu, tidak ada maskapai yang mengajukan extra flight atau penambahan jadwal. Selama masa liburan ini operasional bandara cenderung normal.

Kepadatan juga terjadi di Stasiun Solo Balapan dan Stasiun Purwosari. Selama empat hari, yakni Jumat-Senin (21-24/4/2017) ada tiga kereta tambahan yang dijalankan, yakni kereta api (KA) Argolawu Fakultatif, Argo Dwipangga Fakultatif, dan Kereta Luar Biasa (KLB).

Corporate Communication PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) VI/Yogyakarta, Eko Budiyanto, menyampaikan seluruh tiket KA tambahan terjual habis di hari terakhir libur panjang ini.

Advertisement

“Di awal liburan, load factor KLB hanya 70% karena rangkaian baru jadi belum banyak yang tahu. Namun saat arus balik ini, tiket KLB sekitar 500-an kursi sudah terjual semua,” ujarnya.

Dia mengungkapkan animo masyarakat untuk memanfaatkan KA saat bepergian terus meningkat. Oleh karena itu, jumlah KA tambahan pun dinaikkan.

Advertisement
Kata Kunci : Bandara Adi Soemarmo
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif