News
Minggu, 23 April 2017 - 08:00 WIB

Libur Panjang, PT KAI Jalankan 3 KA Tambahan

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Dirut PT KAI Edi Sukmoro (kiri) menginpeksi gerbong kereta api di Stasiun Tawang, Kota Semarang, Kamis (16/3/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Libur panjang terjadi lonjakan penumpang kereta api.

Solopos.com, SOLO — PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) VI/Yogyakarta menambah tiga rangkaian kereta untuk mengangkut penumpang di libur panjang yang terjadi pada Sabtu-Senin (22-24/4/2017).

Advertisement

Selain itu, Badan usaha milik negara (BUMN) ini pun berencana menambah rangkaian kereta angkutan Lebaran. Corporate Communication Manager PT KAI Daops VI/Yogyakarta, Eko Budiyanto, menyampaikan selama empat hari, yakni Jumat-Senin (21-24/4) menjalankan kereta api (KA) Argo Lawu Fakultatif dan Argo Dwipangga Fakultatif rute Stasiun Solo Balapan-Stasiun Gambir serta Kereta Luar Biasa (KLB) ekonomi rute Stasiun Purwosari-Stasiun Pasar Senen.

KLB ekonomi ini dijalankan lebih lama jika dibandingkan dengan long weekend pertengan bulan lalu. Meski baru dua kali dioperasikan, sambutan masyarakat terhadap KLB ekonomi ini cukup baik.

“Tiket kereta reguler maupun fakultatif di long weekend ini ludes terjual karena masyarakat sudah tahu setiap libur panjang selalu ada tambahan kereta. Namun untuk KLB ekonomi, load factor baru sekitar 70% karena tergolong masih baru,” ungkap Eko saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (22/4/2017).

Advertisement

KA tambahan ini masih difokuskan untuk tujuan Jakarta karena permintaannya paling tinggi jika dibandingkan Bandung dan Surabaya. Dia mengatakan selama libur panjang, penumpang KA jarak jauh mencapai 13.000 orang sedangkan KA lokal sekitar 8.000 orang-9.000 orang.

“Pekan depan ada long weekend lagi, kemungkinan akan ada KA fakultatif yang dijalankan tapi belum ada kepastian. Hal ini karena KA fakultatif mulai ditawarkan ketika tiket KA reguler sudah habis,” jelasnya.

Terkait KA Lebaran, Eko mengatakan PT KAI berencana menambah rangkaian kereta meski KA tambahan Lebaran sudah mulai dijual pada 16 April lalu karena permintaan tinggi. Namun dia mengaku belum mengetahui jumlah kursi yang akan disediakan dan kapan penjualan tiket KA tambahan Lebaran tahap II ini.

Advertisement

Lebih lanjut, dia mengatakan Sabtu siang diresmikan executive lounge pertama di Stasiun Tugu, Jogja. Dia menjelaskan executive lounge hadir karena selama ini tamu disambut di ruang VIP yang biasanya dipakai juga untuk keperluan dinas. Selain itu, banyak tamu penting, pejabat dan penyewa kereta wisata datang ke Jogja.

Executive lounge ini dilengkapi dengan konter makanan, minuman, gratis wifi, dilengkapi pendingin ruangan, terdapat area merokok, musala, dan toilet. Penumpang KA juga bisa memanfaatkan sebagai lokasi meeting dengan kapasitas hingga 50 orang.

“Saat ini masih promo jadi tiket masuk ke senilai Rp50.000. Nantinya executive lounge juga akan dibuat di Solo, rencana dalam waktu dekat,” ujar Eko.

 

Advertisement
Kata Kunci : Kereta Api Libur Panjang
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif