Soloraya
Sabtu, 22 April 2017 - 07:10 WIB

INFRASTRUKTUR KLATEN : Persiapan Sambut Arus Mudik Lebaran, Jalan Solo-Jogja Mulai Diperbaiki

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pekerja mengoperasikan stoom walls untuk memadatkan aspal jalan diperbaiki di depan RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro, Klaten, Jumat (21/4/2017). (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

Infrastruktur Klaten, jalan nasional mulai diperbaiki sebagai persiapan menyambut arus mudik Lebaran.

Solopos.com, KLATEN — Sejumlah lokasi di jalan raya Solo-Jogja wilayah Klaten mulai diperbaiki. Perbaikan dilakukan sekitar dua pekan terakhir.

Advertisement

Pengawas Lapangan PPK Kartasura-Boyolali-Prambanan Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Danang, mengatakan perbaikan di antaranya dengan pengaspalan serta betonisasi. Betonisasi dilakukan di beberapa lokasi traffic light.

Hal itu seperti terlihat di kawasan traffic light Penggung dan Karangwuni, Kecamatan Ceper; RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro, Bendongantungan, dan Desa Jetis, Kecamatan Klaten Selatan; serta Tegalmas, Kecamatan Jogonalan. Total dana perbaikan jalan nasional antara batas kota Klaten hingga batas provinsi di Kecamatan Prambanan sekitar Rp45 miliar.

“Untuk total panjang jalan yang dikeruk itu ada 2,5 km. Jadi ada perbaikan jalan dan pemeliharaan rutin,” kata Danang saat dihubungi Solopos.com, Jumat (21/4/2017).

Advertisement

Danang menuturkan perbaikan jalan itu dikebut lantaran ada aturan perbaikan jalan nasional pada jalur cepat dihentikan pada H-30 Lebaran dan baru bisa dimulai lagi pada H+7 Lebaran. Terkait perbaikan yang dilakukan saat ini, ia menjelaskan untuk sementara dilakukan pengerukan kemudian ditutup kembali dengan aspal.

“Rencananya setelah dikeruk nanti ditutup dengan pengaspalan satu lapis. Setelah Lebaran nanti baru diselesaikan dengan menambah pelapisan aspal serta beton. Kami mengamankan yang parah-parah dulu,” katanya.

Berdasarkan pantauan pada Jumat, salah satu ruas yang diperbaiki yakni di persimpangan RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro. Perbaikan dilakukan dengan mengeruk aspal dan menutupnya kembali menggunakan aspal.

Advertisement

Salah satu warga, Yono, 40, mengatakan selama ini ruas jalan RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro mulai mengalami kerusakan dan berlubang. Ia mengatakan kerusakan jalan itu kerap menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

“Saya sering melihat kecelakaan terjadi di ruas jalan nasional wilayah Desa Taji, Prambanan, karena memang jalannya berlubang. Kalau harapan jalan bisa segera diperbaiki apalagi ini mau masuk Ramadan,” kata warga Desa Solodiran, Kecamatan Manisrenggo, itu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif