News
Selasa, 18 April 2017 - 20:10 WIB

Presiden Filipina Jadi Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia Versi Time

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rodrigo Duterte (philstar.com)

Presiden Filipina, Rodrigo Duterte menjadi rokoh paling berpengaruh di dunia versi majalah Time.

Solopos.com, WASHINGTON DC – Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, berada di peringkat pertama dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Time. Dalam survei tahunan yang ditutup, Minggu (16/4/2017), Time mengatakan Duterte konsisten berada di posisi teratas.

Advertisement

Dilansir Time, Senin (17/4/2017), Duterte berhasil mengantongi lima persen dukungan dari pembaca. Sementara itu, hasil pemungutan suara (polling) yang resmi akan diumumkan 20 April 2017, mendatang. Dalam polling tersebut, Duterte berhasil mengalahkan beberapa tokoh ternama seperti pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, pendiri Microsoft, Bill Gates, serta Paus Fransiskus, yang mendapat dukungan sebanyak tiga persen.

Kemenangan Duterte dalam polling tersebut diduga karena kebijakannya yang cukup kontroversial. Sejak menjabat pada Juni 2016, ia melakukan program agresif perang melawan narkoba yang telah menewaskan sekitar 8.000 orang. Meski menuai kecaman, ia tak gentar menerapkan peraturan tersebut.

Duterte bahkan tak segan memaki orang yang mengkritik kebijakannya. Ia pernah menyebut Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) bodoh dan mengomentari pernyataan Barack Obama dengan ungkapan go to the hell. Ia juga pernah memaki anggota parlemen Uni Eropa dengan sebutan anak haram saat mereka memintanya memikirkan kembali tentang kebijakan anti-narkoba yang dijalankannya.

Advertisement

Sikap tegas yang ditunjukkan Duterte itu justru membuat namanya semakin terkenal di mata dunia. Hal itu dibuktikan dengan posisinya yang saat ini berada diurutan teratas 100 orang paling berpengaruh di dunia. Pada 2016, posisi tersebut diduduki oleh Senator Vermont, AS, Bernie Sanders. Sementara pada 2015, posisi yang sama ditempati oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin. 

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif