News
Senin, 17 April 2017 - 18:55 WIB

SUKSESI REKTOR UGM : Kursi Rektor Masih Milik Fakultas Teknik

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rektor terpilih UGM 2017-2022, Panut Mulyono. (Foto istimewa/ugm.ac.id)

Suksesi Rektor UGM memasuki puncaknya, Panut Mulyono terpilih menjadi rektor

Harianjogja.com, SLEMAN – Dominasi Fakultas Teknik tetap berlanjut dalam pemilihan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) periode 2017-2022.

Advertisement

Baca juga : SUKSESI REKTOR UGM : Panut Mulyono Terpilih Menjadi Rektor UGM

Hal tersebut menyusul kemenangan Dekan Fakultas Teknik Panut Mulyono dalam proses pemilihan rektor yang dilakukan Majelis Wali Amanat (MWA) di Balai Senat UGM, Senin (17/4/2017) siang.

Advertisement

Hal tersebut menyusul kemenangan Dekan Fakultas Teknik Panut Mulyono dalam proses pemilihan rektor yang dilakukan Majelis Wali Amanat (MWA) di Balai Senat UGM, Senin (17/4/2017) siang.

Panut mengalahkan dua pesaingnya, yakni Dekan Fisipol Erwan Agus Purwanto dan Dekan Fakultas Peternakan Ali Agus.

Lewat kemenangan ini kursi rektor tetap akan diduduki oleh akademisi dari Fakultas Teknik karena rektor saat ini, Dwikorita Karnawati, juga merupakan akademisi dari Fakultas Teknik. Sayangnya calon petahana ini harus terpental lebih awal ketika proses seleksi sampai di meja Senat Kampus.

Advertisement

Kemenangan pertama Fakultas Teknik terjadi saat Sujarwadi berhasil meraih kemenangan dalam pemilihan rektor tahun 2007 silam.
Hanya saja, kemenangan Fakultas Teknik tidak berlanjut di periode selanjutnya.

Pasalnya pada pemilihan rektor periode 2012-2017, kemenangan diraih oleh Pratikno yang berasal dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Namun perjalanan Pratikno sebagai rektor hanya berjalan dua tahun karena dia naik tahta menjadi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg).

Otomatis Pratikno  harus meletakkan jabatannya sebagai pimpinan UGM. Sebagai pengganti Pratiko, lantas dipilihlah Dwikorita, seorang akademisi Fakultas Teknik yang kala itu menjabat sebagai Wakil Rektor IV.

Advertisement

Di pemilihan periode 2017-2022 ini, lagi-lagi kursi empuk Rektor UGM masih milik Fakultas Teknik lewat wakil mereka, Panut Mulyono. Fakultas Teknik juga menjadi penyuplai kandidat dalam bursa seleksi dan pemilihan rektor kali ini.

Dari sembilan bakal calon, fakultas ini mengirim empat wakil terbaiknya. Empat kandidat tersebut adalah Bagas Puja Laksana, Nizam, Dwikorita dan Panut. Tapi hanya Panut yang berhasil menembus babak pertarungan terakhir di Forum MWA.

Sementara pertarungan terakhir tiga dekan, Ali Agus, Erwan Agus Purwanto dan Panut Mulyono di hadapan MWA berlangsung cukup sengit. Ketiganya saling beradu kreativitas visi dan misi untuk merebut perhatian anggota MWA sebelum akan dilangsungkan proses pemilihan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif