Soloraya
Senin, 17 April 2017 - 19:30 WIB

Namanya Mungkin Bukan "Disneyland" Boyolali, Tapi .....

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Disneypark, Disneyland California USA (Disneyland.go.com)

Taman hiburan yang digadang-gadang sebagai “Disneyland” Boyolali kemungkinan tak akan mengusung nama Disney.

Solopos.com, BOYOLALI — Taman hiburan yang akan dibangun di Boyolali kemungkinan tak akan mengusung nama Disneyland Boyolali. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Boyolali mengisyaratkan Disneyland bukan satu-satunya investor yang akan mengambil bagian dari proyek taman hiburan itu.

Advertisement

Bupati Boyolali, Seno Samodro, menjelaskan anggaran pembangunan Disneyland tidak menggunakan APBD maupun APBN, namun semuanya dibiayai investor. “Intinya [investasi ini] menggunakan dolar [US$]. Ini zero rupiah, zero ABPD, dan zero APBN,” kata Seno saat ditemui wartawan di rumah dinasnya, Senin (17/4/2017).

Menurutnya, pembangunan taman menggunakan skema kerja sama franchise dan akan ditopang beberapa investor. “Franchise ternyata tidak harus 100%. Misalnya nanti 23% diambil wahana Disneyland, 20% Universal Studios 20%, 9% Warner Bros atau Paramount Pictures its okay, semuanya dimungkinkan. Sebab bisnis itu tergantung pembicaraan dan lobinya,” ujarnya

Karena investornya banyak, maka Seno menyebut kemungkinan nama tempat hiburan itu bukan Disneyland. “Mungkin namanya bukan Disneyland dan sepertinya mereka juga mendengarkan aspirasi Boyolali. Bisa jadi namanya Taman Selasa Kliwon,” imbuhnya berkelakar.

Advertisement

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, Disneyland Boyolali akan dibangun pada lahan seluas 100 hektare (ha) dan akan menyediakan lahan parkir berkapasitas 22.000 unit mobil. Dengan lahan seluas itu, taman ini akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Pembangunan taman hiburan ini rencananya akan dimulai September 2017. Baca juga: Disneyland Boyolali Butuh Lahan Seluas 133 Lapangan Bola.

“Tiket masuknya nanti Rp50.000 untuk setiap kali masuk wahana. Tapi kalau tiket all atraksi [terusan] sekitar Rp600.000. Tapi itu tiga hari [kalau dipakai semua] tidak selesai lho. Lha luasnya 100 hektare lho,” ujarnya sambil tertawa. Namun Seno tidak menjelaskan apakah tiket tersebut untuk anak-anak, dewasa, atau semua usia. Baca juga: Tiket Disneyland Boyolali “Cuma” Rp600.000.

Meski demikian Seno belum menjelaskan lebih jauh mengenai wahana apa saja yang ada di taman hiburan tersebut. Demikian pula dengan lokasi, Seno masih merahasiakannya. “Soal lokasi, itu tidak boleh disebut dulu. Kalau negosiasi masalah tanah ini kan agak ribet. Pokoknya nanti kalau investor sudah membayar pada bulan Mei, tanah kami sediakan dan dimulailah pembangunan [pembebasan],” kata Seno.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif