Sport
Senin, 10 April 2017 - 14:25 WIB

FORMULA ONE 2017 : Verstappen Curi Perhatian di Tiongkok

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pembalap Red Bull, Max Verstappen (JIBI/REUTERS/Aly Song)

Formula One 2017 diwarnai dengan performa oke Max Verstappen.

Solopos.com, SHANGHAI — Podium pertama GP Tiongkok memang menjadi milik Lewis Hamilton. Pembalap Mercedes itu meraih kemenangan perdananya musim ini seusai mengasapi pembalap Ferrari, Sebastian Vettel. Namun aktor protagonis sebenarnya di balapan kemarin adalah Max Verstappen.

Advertisement

Memulai lomba dari grid ke-16, pembalap Red Bull itu sukses menggapai podium ketiga di Sirkuit Shanghai, Minggu (9/4/2017). Start impresif menjadi kunci performa ciamik driver 19 tahun ini. Verstappen bahkan sudah menyalip sembilan pembalap lain di lap pertama balapan. Tak hanya sampai di situ, driver Belanda tersebut mampu mempertahankan posisi ketiga dari ancaman rekan setimnya, Daniel Ricciardo, jelang akhir balapan.

Julukan Mad Max (Max yang Gila) agaknya tak berlebihan diberikan pada Verstappen menyusul penampilannya yang berani di balapan kemarin. Hamilton pun memuji penampilan Verstappen saat pemberian piala di podium. “Dude [orang] yang ini!,” ujar Hamilton kepada Verstappen. Verstappen pun menimpali ucapan Hamilton dengan bercanda. “Guy [orang] yang ini. Kamu selalu menyebutku guy,” ujarnya.

Verstappen menilai GP Tiongkok sebagai balapan yang amat menantang. Dia mengaku berusaha menikmati balapan meski harus start dari posisi 16. Verstappen sempat merasa frustrasi karena hampir terkejar Ricciardo di lap-lap akhir. “Saya ingin lebih kencang, tapi saya masih finis di podium sehingga tak bisa mengeluh. Terus terang saya tak menduga bisa meraih podium,” ujarnya seperti dilansir BBC, Minggu.

Advertisement

Balapan Formula One 2017 GP Tiongkok langsung diwarnai insiden di lap pertama setelah mobil Williams yang dikendarai Lance Stroll menabrak pembalap Force India, Sergio Perez, di tikungan 10. Tiga lap kemudian pembalap Sauber, Antonio Giovinazzi, menghantam keras pembatas lintasan yang memunculkan safety car.

Dengan kemenangan di GP Tiongkok, Hamilton kini menyamai poin Vettel di puncak klasemen yakni 43. Peringkat tiga klasemen diraih Max Verstappen disusul Valtteri Bottas dan Kimi Raikkonen. “Saya pikir ini akan menjadi salah satu persaingan tersengit yang pernah saya alami. Namun timku sudah melakukan pekerjaan bagus, demikian juga Sebastian dan dude ini [Verstappen],” ujar Hamilton.

Pekan depan, para pembalap akan bertarung dalam seri ketiga F1 di GP Bahrain, 16 April 2017.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif