News
Sabtu, 8 April 2017 - 11:00 WIB

UJIAN NASIONAL 2017 : 20.218 Siswa SMA di Soloraya Ikuti UNBK Mulai Senin (10/4/2017)

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Antara)

Ujian nasional 2017 untuk SMA dilaksanakan mulai Senin mendatang.

Solopos.com, SOLO – Sejumlah 20.218 siswa sekolah menengah atas (SMA) di Soloraya akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang berlangsung Senin-Kamis (10-13/4/2017). Sedangkan jumlah siswa SMA yang mengikuti UNBK di Kota Solo tercatat sebanyak 6.1651 siswa.

Advertisement

“Jumlah siswa peserta UNBK SMA paling banyak dari Solo,” kata Kepala Seksi SMA Balai Pengendali Pendidikan Menengah dan Khusus Wilayah III Surakarta, Sabar Sudarsono, saat ditemui di kantornya di Jl. Slamet Riyadi Solo, Jumat (7/4/2017).

Setelah Solo, lanjut dia, disusul Klaten sebanyak 4.760 siswa; Sukoharjo sebanyak 4.420 siswa; Karanganyar sebanyak 4.310 siswa; Wonogiri sebanyak 3.196 siswa; dan Boyolali sebanyak 3.710 siswa.

Advertisement

Setelah Solo, lanjut dia, disusul Klaten sebanyak 4.760 siswa; Sukoharjo sebanyak 4.420 siswa; Karanganyar sebanyak 4.310 siswa; Wonogiri sebanyak 3.196 siswa; dan Boyolali sebanyak 3.710 siswa.

Para siswa tersebut, sambung dia, berasal dari 213 SMA negeri dan swasta dengan perincian Solo sebanyak 40 sekolah; Sukoharjo sebanyak 33 sekolah; Klaten sebanyak 33 sekolah; Boyolali sebanyak 30 sekolah; Sragen sebanyak 30 sekolah, Karanganyar sebanyak 23 sekolah, dan Wonogiri sebanyak 24 sekolah.

“Dari sebanyak 213 sekolah tercatat tujuh SMA menumpang di sekolah lain dalam pelaksanaan UNBK karena keterbatasan sarana komputer,” ungkap Sabar.

Advertisement

Sekolah di Solo yang menumpang yakni SMA Tunas Pembangunan I, SMA 17 dan SMA Widaya Bakti menumpang di SMA Islam 1, serta SMA Tri Pusaka menumpang di SMAN 3.

Sabar menambahkan masih ada beberapa sekolah yang masih melaksanakan ujian menggunakan kertas atau Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP). “Sekolah yang masih menggelar UNKP karena keterbatasan sarana dan prasarana komputer, serta jumlah siswanya sedikit,” ungkapnya.

Sekolah yang masih menggelar UNKP antara lain Sekolah Menengah Teologi Kristen (SMTK) Siropuniki Karanganyar, SMTK Berita Hidup Karanganyar, dan SMTK Setia Karanganyar.

Advertisement

Selain itu juga SMA Muhammadiyah 1 Wonogiri, SMA Pancasila Wonogiri, dan SMA Kanisius Harapan Tirtomoyo Wonogiri.

“Semua sekolah telah siap melaksanakan UNBK dan UNKP,” tandas Sabar.

Sementara, Kepala Balai Pengendali Pendidikan Menengah dan Khusus Wilayah III Surakarta, Kartono, mengatakan untuk kelancaran pelaksanaan UNKB telah mengirimkan surat kepada PLN meminta agar tidak terjadi pemadaman aliran listrik.

Advertisement

“Kami harapkan tidak terjadi pemadam aliran listrik agar pelaksanaan UNBK SMA berjalan lancar, seperti pelaksanaan UNBK SMK,” harap dia.

Terpisah Kepala SMA Muhmmadiyah 1 Solo, Rahayuningsih mengungkapkan telah para siswa kelas IX telah siap melaksanakan UNBK.

“Para siswa sebelumnya telah melakukan try out dan uji coba UNBK sehingga telah siap,” ujar dia.

Dia menambahkan untuk pelaksanaan UNBK yang diikuti sebanyak 262 siswa kelas XII telah menyiapkan sebanyak 90 unit komputer yang berada ruang laboratorium komputer dan laboratorium bahasa.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif