Teknologi
Sabtu, 8 April 2017 - 14:30 WIB

Seukuran Bumi, Planet Temuan Terbaru Ini Diklaim Memiliki Atmosfer

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Planet mirip bumi ditemukan beberapa kali oleh ilmuwan. (Istimewa/Astronomynow.com)

Planet yang diberi nama GJ 1132b itu berjarak 39 tahun cahaya.

Solopos.com, WASHINGTON — Kelompok astronom internasional dengan teleskop khusus mendeteksi jejak suasana di sekitar planet ekstrasurya yang berjarak 39 tahun cahaya. Planet ekstrasurya itu tak lebih besar dari Bumi.

Advertisement

Dilansir dari Gizmodo, Jumat (7/4/2017), astronom mendeteksi atmosfer sekitar exoplanet yang jauh bukan sesuatu yang istimewa, terutama ketika planet ekstrasurya yang dimaksud adalah sebesar Saturnus atau Jupiter. Akan tetapi, hal ini berbeda dengan planet yang diklaim seukuran dengan Bumi.

Dengan menggunakan GROND imager pada teleskop 2,2 meter ESO/MPG di Chile, para astronom memindai planet dalam gelombang panjang yang berbeda. Sebelum penemuan, para astronom telah mengonfirmasi kehadiran atmosfer hanya pada dua planet seukuran Bumi, termasuk super Earth 55 Cancri e. Istilah “Super Earth” sangat tepat, karena planet ini memiliki delapan kali berat Bumi, dan suhu panas pada permukaan berada di 2.050 derajat Celcius.

penemuan suasana baru di sekitar planet ekstrasurya di GJ 1132b begitu menarik. Seperti dijelaskan dalam Astronomical Journal, planet ini hanya sedikit lebih besar dari Bumi. Penemuan ini mewakili langkah maju yang penting dalam upaya untuk menemukan kehidupan asing.

Advertisement

“Kami ingin melihat seberapa kuat cahaya yang datang dari bintang dan turun ketika planet bergerak di depan bintang. Perspektif ini menunjukan adanya suasana di sekitar GJ 1132b yang kemungkinan memiliki sumber air dan udara,” terang rekan studi Paul Mollière.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif