Sport
Sabtu, 8 April 2017 - 05:25 WIB

BAYERN MUNCHEN VS DORTMUND : Der Klassiker Turun Pamor

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Borussia Dortmund vs FC Bayern Munich. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Bayern Munchen vs Dortmund tersaji di Liga Jerman.

Solopos.com, MUNICH — Apakah laga bertajuk der klassiker antara Bayern Munchen melawan Borussia Dortmund di Allianz Arena, Sabtu (8/4/2017) malam WIB, hanya menjadi ajang “latihan” bagi tuan rumah? Jawabannya bisa jadi ya.

Advertisement

Lima hari berselang, Munchen harus menjamu Real Madrid di perempatfinal Liga Champions. Laga itu jelas lebih krusial dibanding der klassiker yang hasilnya tak akan terlalu memengaruhi posisi Bayern di Bundesliga Jerman.

Hingga pekan ke-27, klub berjuluk Die Roten itu mantap di puncak klasemen dengan jarak 10 poin dari RB Leipzig di posisi kedua. Kekalahan 0-1 dari Hoffenheim, Selasa (4/4/2017), seperti tak berpengaruh apa-apa bagi supremasi Bayern di Bundesliga. Jika kalah dari Dortmund, Arjen Robben dkk. pun masih unggul tujuh poin dengan catatan Leipzig menang atas Bayer Leverkusen.

Der klassiker makin turun pamor karena Dortmund kini “hanya” menghuni peringkat empat, jauh dari perburuan titel kompetisi. Bek Bayern, Mats Hummels, mengakui der klassiker kali ini kurang angker seperti pertemuan-pertemuan sebelumnya. “Itu [laga melawan Madrid] membuat pertandingan besok Sabtu terlihat sangat kecil,” ujarnya seperti dilansir Kicker, Jumat (7/4/2017).

Advertisement

Namun bukan berarti Bayern tak fokus dengan laga kontra Dortmund. Bek Bayern, David Alaba, tak menampik para pemain mulai memikirkan laga melawan Madrid pekan depan. Meski demikian dia menyebut tim tetap berkonsentrasi untuk der klassiker. “Bohong jika ada yang bilang kami tidak memikirkan Real saat ini. Namun kami ingin mendapat mood yang bagus jelang laga itu,” ucapnya.

Die Roten memang perlu waspada. Pecahnya fokus lantaran bertarung di dua turnamen bisa menguntungkan Shinji Kagawa dkk. di Allianz Arena. Terlebih moral Die Borussen sedang baik seusai membantai Hamburg 3-0 empat hari lalu. Di pertemuan pertama lawan Bayern musim ini, Dortmund juga sukses menang 1-0.

Dortmund bisa memanfaatkan absennya Manuel Neuer di bawah mistar gawang Bayern. Kekuatan tuan rumah makin berkurang dengan cederanya Thomas Muller dan Douglas Costa. Namun Dortmund juga punya problem cedera cukup akut di laga kali ini. Pilar seperti Mario Gotze, Erik Durm, Andre Schurrle dan Sebastian Rode dipastikan tak dapat tampil. Bek Marcel Schmelzer juga masih diragukan kondisinya. 08

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif