Teknologi
Kamis, 6 April 2017 - 17:10 WIB

KISAH INSPIRATIF : Usulkan Lift dari Bumi ke Bulan, Remaja India Dapat Penghargaan NASA

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kirai San,pengirim proposal membangun pemukiman di bulan(Asianage)

Kisah inspiratif kali ini tentang bocah 18 tahun yang mengirim proposalnya ke NASA.

Solopos.com, CHENNAI – National Aeronautics and Space Administration (NASA) bekerja sama dengan National Space Society (NSS) mengadakan kompetisi tahunan bernama NASA Ames Space Settlement Contest 2017.

Advertisement

NASA Ames Space Settlement Contest 2017 mengangkat tema koloni manusia di Bulan. Remaja asal Chennai, India, Sai Kiran, 18, mengikuti kontes tersebut. Dilansir Asianage, Senin (3/4/2017), Sai Kiran membuat proposal koloni manusia di Bulan dengan membuat lift yang menghubungkan Bumi dan Bulan. Lift tersebut bertujuan untuk memudahkan proses mengangkut manusia dan bahan-bahan untuk membangun permukiman di Bulan.

Sai Kiran dikabarkan sudah memulai menyusun proposalnya itu sejak 2013. Waktu itu dia tinggal di Singapura. Mengetahui NASA selalu menggelar kontes tahunan itu, Sai mulai menyusun proposal berjudul Connecting Moon, Earth, and Space and Humeiu Space Habitats.

Hal pertama yang harus diwujudkan dalam proposal ini adalah membangun elevator yang dapat mengangkut manusia dan kargo, sehingga bisa dibangun permukiman,ungkap Sai Kiran. Remaja itu menyebutkan percepatan sentripetal dan gravitasi menjadi aspek penting dalam proposalnya.

Advertisement

Selain itu, dalam proposalnya Sai juga memperhatikan efisiensi biaya mengangkut manusia menggunakan lift ketimbang menggunakan roket.

Mulai Maret 2016, setelah Sai pindah ke Chennai, ia menyusun tesis detail mengenai proposalnya. Diungkapkan Sai, tesis tersebut memuat detail rencana membangun koloni di Bulan. Sai menyebut dirinya sudah membuat rancangan pembangunan aspek kehidupan seperti pemerintahan, hiburan, dan pertanian. 

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif