Sport
Senin, 3 April 2017 - 00:00 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 3 April

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penelope Cruz saat menerima bintang di Walk of Fame. (Zimbio.com)

Catatan sejarah dari berbagai belahan dunia dihimpun dalam catatan dunia hari ini.

Semarangpos.com, SOLO – Sejumlah peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 2 April. Demi mengenang sejumlah peristiwa tersebut, Semarangpos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini, 3 April, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Advertisement

1801
Pasukan Kerajaan Franka di bawah pimpinan Raja Ludwig berhasil merebut Barcelona dari tangan orang-orang Moor. Orang-orang Moor adalah sebutan bagi orang beragama Islam yang tinggal di kawasan Andalusia, Maroko dan Afrika bagian barat.

 

Advertisement

 

1922
Josef Stalin ditetapkan menjadi orang pertama yang memimpin Uni Soviet. Ia memangku tanggung jawab sebagai pemimpin Uni Soviet hingga akhir hayatnya pada 1953.

 

Advertisement

 

1942
Pasukan Jepang menyerang pasukan Filipina dan Amerika Serikat (AS), di Semenanjung Bataan, Filipina dengan mengerahkan 100 pesawat tempur dan 300 artileri. Pertempuran yang lantas dikenang dengan nama Pertempuran Batan itu dimenangi pihak Jepang.

 

Advertisement

1955
Sebuah kereta cepat tergelincir dan jatuh ke jurang di dekat Guadalajara, Meksiko. Peristiwa tragis itu menyebabkan sedikitnya 300 penumpang tewas.

 

1972
Militer Amerika Serikat (AS) menempatkan ratusan pesawat tempurnya di Vietnam Selatan. Hal itu bertujuan untuk mempertahankan wilayah Vietnam Selatan dari serangan udara yang dilancarkan Vietnam Utara.

Advertisement

 

1996
Teroris yang melakukan sejumlah serangan di Amerika Serikat (AS), Ted Kaczynski, ditangkap di Montana, AS. Ted telah melakukan sejumlah serangan bom dari 1978 hingga 1995. Serangkaian serangan yang ia lakukan telah menelan tiga korban jiwa dan 23 korban luka.

 

2004
Sejumlah teroris yang terlibat dalam pengeboman empat komuter di Madrid Spanyol, melakukan bunuh diri di sebuah apartemen di Leganes, sebelah utara Madrid. Mereka melakukan bunuh diri bersama karena sudah merasa terpojok setelah dikepung polisi.

 

2011
Penelope Cruz menjadi aktris pertama berkebangsaan Spanyol yang menerima bintang di Walk of Fame Hollywood, California, Amerika Serikat (AS). Bintang milik Cruz ditempatkan di depan El Capitan Theatre.

 

2016
Legenda sepak bola Italia, Cesare Maldini, meninggal dunia pada usia 84 tahun. Ia memiliki putra yang juga pernah menjadi bintang sepak bola di klub yang pernah ia bela, AC Milan, yakni Paolo Maldini.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif