Sport
Minggu, 2 April 2017 - 15:07 WIB

KEJUARAAN TAEKWONDO : Taekwondoin Solo Berjaya di Unisri Open 2017

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Unisri Open 2017 (Chrisna Chanis Cara/JIBI/Solopos)

Unisri Open 2017 diwarnai dengan Taekwondoin Solo yang Berjaya di nomor poomsae.

Solopos.com, SOLO — Taekwondoin asal Kota Solo merajai nomor poomsae (seni gerak) dalam turnamen Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Open 2017 di GOR Manahan, Sabtu (1/4/2017). Mereka sukses menggondol enam medali emas dari delapan kategori yang dipertandingkan di nomor poomsae.

Advertisement

Taekwondoin asal Solo seperti di atas angin lantaran berlaga di kandang sendiri. Ada lima kategori poomsae yang juara dan runner up-nya berasal dari Kota Bengawan yakni kategori prakadet (6-11 tahun) putra, prakadet putri, kadet (12-14 tahun) putra, junior (15-17 tahun) putri dan kadet pairs (berpasangan). Kontingen luar Solo “hanya” kebagian juara pertama dalam kategori kadet putri atas nama Kenya Komala Prana (Kabupaten Semarang) dan junior putra atas nama Baktiawan Wibisono (Tsu Do Club Salatiga).

Taekwondoin asal Solo, Andika Valiandra Putra Wuri, Hanif Wisnu Moorteza dan Aulia Waldi Asna sukses mencuri perhatian dengan menyabet emas di dua kategori berbeda. Andika meraih emas pertama di prakadet putra setelah mengungguli sesama taekwondoin Solo, Hashfi Indra Saputra. Adapun saat berlaga di prakadet pairs, berpasangan dengan Aulia, Andika mampu mengalahkan nilai pasangan asal Sukoharjo, Seto Al Ghifari/Titania Agnes. Nilai kedua pasangan ini berjarak amat tipis yakni 0,06.

Sekretaris Unisri Open 2017, Chrysantia, mengatakan dominasi kontingen Solo di nomor poomsae sudah dapat diprediksi. Menurut dia, taekwondoin Solo yang turun di nomor tersebut rata-rata sudah kenyang pengalaman di turnamen sejenis. Dukungan publik sendiri juga menjadi kunci kesuksesan taekwondoin Solo dalam menyuguhkan gerakan indah dan bertenaga dalam poomsae.

Advertisement

“Selain itu, kontingen Solo memang paling banyak mengirimkan wakilnya di nomor ini,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di sela turnamen, Sabtu.

Turnamen hari kedua Unisri Open, Minggu (2/4/2017), akan mempertandingkan sejumlah nomor  kyorugi (perkelahian bebas) seperti prakadet, junior dan mahasiswa. Total ada 253 partai yang bakal diikuti ratusan taekwondoin sej-Jawa Bali. Pada Sabtu, sejumlah babak penyisihan kyorugi sudah dimainkan.

Pembina UKM Taekwondo Unisri, Yona Primadesi, optimistis kontingennya bakal menggondol sejumlah medali di nomor kyorugi. Unisri bakal menurunkan 24 atlet di hari Minggu. “Sebagai tuan rumah, kami harus memberikan yang terbaik,” ujarnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif