Jateng
Kamis, 30 Maret 2017 - 16:50 WIB

USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH : Dongkrak Potensi UMKM, Pemkot Semarang Gandeng Tokopedia

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Semarang, oleh Pemkot coba ditingkatkan potensinya dengan cara menggandeng toko online, Tokopedia.

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang terus berupaya meningkatkan potensi usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) di wilayahnya. Setelah sebelumnya meluncurkan program Kredit Wibawa, yakni pinjaman untuk pelaku UMKM, kini Pemkot Semarang menggandeng salah satu toko online terbesar di Tanah Air, yakni Tokopedia.

Advertisement

Kerja sama antara Pemkot Semarang dan Tokopedia itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, dengan Direktur Tokopedia, Leontinus Alpha Edison dan Ketua Kadin Semarang, Arnaz Andraasmara, di Ruang Lokarida Lantai ke-8 Gedung Moch Ikhsan, Balai Kota Semarang, Senin (27/3/2017).

“Hari ini adalah berkah karena salah satu toko online terbesar di Indonesia, Tokopedia, hadir di tengah-tengah panjenengan [anda] guna mengajarkan ilmu pemasaran produk melalui online. Setiap hari transaksinya bisa mencapai Rp40-50 miliar. Bila 20% nya saja terjadi di Semarang, maka akan membawa keberkahan bagi UMKM dan UKM di Kota Semarang,” tutur Wali Kota Semarang seperti dilansir laman Internet resmi Pemkot Semarang, Rabu (29/3/2017).

Hendi, sapaan akrab Wali Kota Semarang, menyebutkan selama ini banyak UMKM di Semarang yang masih memasarkan produknya secara offline. Hal itu pun membuat banyak produk-produk UMKM di Semarang menjadi kurang dikenal oleh masyarakat.

Advertisement

Ia pun berharap dengan menggandeng Tokopedia, para pelaku UMKM di Semarang akan memiliki metode baru dalam memasarkan produknya, yakni secara online, sehingga bisa lebih dikenal masyarakat.

“Saat ini marketing online sudah menjadi kebutuhan yang tak bisa dihindari. Maka dari itu ambil sisi positif dari kemajuan teknologi. Gunakan kesempatan untuk sharing dengan Tokopedia. Bagaiman masuk peluang itu dan juga kualitas produk harus bisa dipertanggungjawabkan,” beber Hendi.

Sementara itu, Direktur Tokopedia, Leontinus Alpha Edison, mengatakan kerja sama dengan Pemkot Semarang bertujuan membantu para pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnisnya agar lebih maju. Ke depan, Tokopedia pun akan membuatkan laman Internet khusus untuk Kota Semarang yang di dalamannya memuat produk-produk UMKM dan potensi pariwisata di Kota Semarang.

Advertisement

“Harapannya kerja sama itu akan mengangkat hal-hal unik Kota Semarang serta peningkatan pertumbuhan ekonomi UMKM dan pariwisata di Semarang,” terang Leontinus.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif