Soloraya
Kamis, 30 Maret 2017 - 02:00 WIB

790.000 Keping Sudah Dibagikan, 34.044 Warga Wonogiri Belum Terima E-KTP

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Keping E-KTP (Dok/JIBI/Solopos)

Puluhan ribu warga Wonogiri belum menerima e-KTP.

Solopos.com, Wonogiri — Hingga Maret 2017 sebanyak 790.000 keping elektronik kartu tanda penduduk (e-KTP) sudah dibagikan kepada warga Wonogiri. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Wonogiri, Sungkono, mengatakan dari jumlah itu sebanyak 20 persen-25 persen di antaranya memegang e-KTP yang tertera batas masa berlaku.

Advertisement

Dia menegaskan, meski tertera informasi tersebut e-KTP tetap berlaku seumur hidup. Hal itu sebagaimana diatur dalam Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Kumolo No. 470/296/SJ tentang KTP Elektronik Berlaku Seumur Hidup tertanggal 29 Januari 2016.

Pada sisi lain, sejak November tahun lalu hingga pertengahan Maret masih ada 34.044 pemohon yang sudah merekam data tetapi belum mendapatkan e-KTP karena blanko sudah habis. Jumlah tersebut terus bertambah selama blanko dari pemerintah pusat belum ada.

Pemohon yang belum mendapatkan e-KTP diberi surat keterangan pengganti. Fungsinya sama dengan kartu difinitif. Dalam surat keterangan itu dilengkapi bar code. Apabila dipindai akan muncul identitas pemegang surat keterangan bersangkutan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif