Lifestyle
Rabu, 29 Maret 2017 - 03:00 WIB

OBAT HERBAL : Lingzhi Bisa Atasi Wasir, Begini Caranya

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jamur lingzhi (bodyformula.com)

Obat herbal jamul lingzhi bisa mengatasi wasir.

Solopos.com, SUKOHARJO — Penyakit hemoroid yang sering disebut wasir atau ambeien adalah pembengkakan atau peradangan pembuluh darah di sekitar anus dan bagian rektum bawah. Ciri-ciri penyakit wasir ambeien tidak hanya mengakibatkan rasa sakit kepada penderitanya, tetapi juga mengganggu aktivitas penderita.

Advertisement

“Mereka yang menderita ambeien sudah cukup parah, jika sedang kambuh terasa sakit. Bahkan sekadar untuk duduk duduk pun terasa sakit,” ujar salah seorang praktisi herbal di Kudu, Baki, Sukoharjo, Parjimo ketika ditemui di kediamannya, Selasa (24/1/2017).

Jamur lingzhi yang sudah dikemas (Iskandar/JIBI/Solopos)

Advertisement

Jamur lingzhi yang sudah dikemas (Iskandar/JIBI/Solopos)

Menurut dia ambeien terjadi karena ada pembesaran pembuluh darah di anus sehingga membengkak dan di luar lubang pelepasan itu. Kalau kambuh sering mengeras, rasanya sakit dan tidak bisa dimasukkan ke anus.

Parjimo yang juga buka praktik terapi ini menjelaskan, saat buang air besar benjolan tidak bisa dimasukkan. Sebab di tempat tersebut terjadi pengerasan pembuluh darah.

Advertisement

Minum Ramuan

Namun dari pengalaman Parjimo sebetulnya dengan meminum ramuan jamur lingzhi yang nama ilmiahnya (ganoderma lucidum), yang salah satu fungsinya untuk menjadikan pembuluh darah atau otot menjadi elastis, keluhan ini bisa diatasi. Sebab ramuan ini diyakini juga membuat keenceran darah menjadi normal.

Jika keenceran darah normal dan otot menjadi elastis, papar dia, peredaran darah menjadi lebih baik. Di tempat yang biasanya mengeras dan sakit menjadi kendor atau rileks.

Advertisement

Dengan mengendor benjolan menjadi mengecil, sehingga tidak jadi berdarah. “Kalau biasanya mengeras seperti maaf–bol kera–maka tidak bisa dimasukkan. Tapi setelah meminum ramuan ini terus pembuluh darah menjadi elastis dan bisa dimasukkan sehingga tidak perlu operasi,” ujar dia.

Untuk ambeien yang sudah parah, penderita bisa meracik jamur lingzhi 10 gram, direbus dengan air dengan takaran dua sampai tiga gelas jenis belimbing sampai mendidih. Rebusan baru dientas jika air tinggal separuhnya.

Untuk mengonsumsi, sebaiknya tunggu sampai air rebusan menjadi dingin. Air rebusan itu dibagi menjadi dua bagian untuk dikonsumsi pagi dan sore hari.

Advertisement

Tapi untuk penyakit yang masih ringan, kata dia, penderita cukup meracik jamur lingzhi separuhnya atau 5 gram, direbus dengan air dengan takaran dua sampai tiga gelas jenis belimbing sampai mendidih. Nanti rebusan baru dientas jika air tinggal separuhnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif