Sport
Rabu, 29 Maret 2017 - 08:00 WIB

KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2018 : Keok dari Australia, Pelatih UEA Mundur

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mahdi Ali (JIBI/REUTERS/Edgar Su)

Kualifikasi Piala Dunia 2018 diwarnai dengan kekalahan UEA dari Australia.

Solopos.com, SYDNEY — Pertandingan melawan Australia di Allianz Arena, Sydney, Selasa (28/3/2017), ternyata menjadi laga terakhir Pelatih Uni Emirat Arab (UEA), Mahdi Ali, mendampingi timnya.

Advertisement

Ali memilih mundur dari kursi pelatih UEA setelah timnya takluk 0-2 dari Australia pada laga babak ketiga Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona AFC. Pelatih berusia 51 tahun tersebut rela melepaskan jabatannya yang diemban sejak 2012 tersebut. Ali sudah lima tahun menangani tim senior UEA. Sebelumnya, dia juga membesut timnas junior UEA dalam empat kategori jenjang umur yang berbeda.

“Sekarang, saatnya saya pergi. Saya mundur sebelum laga melawan Irak, namun federasi memintaku untuk bertahan. Setelah lima tahun, saya sudah melakukan yang terbaik,” jelas Ali, seperti dilansir Soccerway, Selasa.

Kekalahan dari Australia memang membuat peluang UEA untuk bisa lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia tahun depan sangat sulit. UEA  tertinggal tujuh poin dari Jepang dan empat poin dari Arab Saudi yang menempati peringkat dua besar klasemen sementara Grup B, alias batas aman lolos otomatis ke Rusia tahun depan.

Advertisement

Dua gol Socceroos, julukan Australia, disumbangkan masing-masing Jackson Irvine pada menit keenam dan Mathew Leckie pada menit ke-78. Australia akhirnya menghentikan kutukan hasil seri dalam empat pertandingan sebelumnya dan membuka kembali peluang lolos ke Rusia tahun depan.

“Saya sangat bangga dengan para pemainku. Ini sebuah tantangan 10 hari dari kami,” jelas Pelatih Socceroos, Ange Postecoglou, kepada Fox Sports.

Sementara Jepang menduduki puncak klasemen sementara Grup B seusai menghajar wakil Asia Tenggara, Thailand, 4-0 di Saitama Stadium, Saitama, Selasa. Gelandang Borussia Dortmund, Shinji Kagawa membuka pesta gol Jepang di menit ke-8. Adapun tiga gol lain Samurai Biru, julukan Jepang, dilesakkan Shinji Okazaki, Yuya Kubo, dan Maya Yoshida.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif