Lifestyle
Jumat, 24 Maret 2017 - 17:15 WIB

KULINER SOLO : Aneka Kuliner di Sepanjang Jl. Gajah Mada Solo Menggugah Selera

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bubur Ayam Jakarta (Gabriella Yoanita Pratiwi/JIBI/Solopos.com)

Jl. Gajah Mada Solo menyediakan aneka kuliner menggiurkan.

Solopos.com, SOLO — Jl. Gajah Mada merupakan salah satu jalan utama yang dapat dilalui pengguna jalan untuk menuju jalan utama di tengah Kota Solo, Jl. Brigjend Slamet Riyadi.

Advertisement

Jl. Gajah Mada membentang dari Kelurahan Punggawan hingga kawasan Hotel Novotel. Sepanjang Jl. Gajah Mada, Anda bisa menemui berbagai sejumlah hotel, tempat usaha, kantor-kantor, serta banyak tempat makan yang buka sejak pagi sampai malam.

Berikut ini daftar tempat makan di sepanjang Jl. Gajah Mada yang bisa memanjakan lidah Anda berdasarkan penelusuran Solopos.com, Rabu (8/3/2017):

1. Gudeg Ayu

Gudeg Ayu Solo (Gabriella Yoanita Pratiwi/JIBI/Solopos.com)

Sesuai namanya, tempat makan yang beralamat di Jl. Gajah Mada No.152 itu menyediakan gudeg sebagai menu andalannya.

Menu gudeg yang selalu disajikan bersama nasi tersebut memiliki varian seperti nasi gudeg sambal goreng, nasi gudeg ayam, dan nasi gudeg komplet.

Tempat makan yang dimiliki oleh Yustina Tasmi sejak 17 tahun lalu itu juga menyediakan nasi goreng, cap cay goreng, bakmi goreng, bihun goreng, nasi ayam goreng, kakap panggang, bandeng panggang, dan ayam panggang.

Advertisement

Menurut seorang karyawan, Endah Rahayu, menu favorit para pelanggan yaitu nasi gudeg komplet dengan telur dan ayam.

Endah menambahkan tempat makan yang  buka pukul 06.00-21.00 WIB tersebut juga menyediakan aneka lauk serta menu paket dus ukuran kecil dan besar.

Berbagai menu yang disediakan Gudeg Ayu tersebut dibanderol mulai dari Rp1.500 sampai Rp 140.000.

2. Swikee Ijo Purwodadi

Swikee Ijo Purwodadi (Gabriella Yoanita Pratiwi/JIBI/Solopos.com)

Tempat makan yang berlokasi tepat di samping Gudeg Ayu tersebut menyediakan menu yang tak biasa yaitu olahan katak hijau.

Swikee Ijo Purwodadi yang dimiliki oleh Purwanto sejak tahun 1996 tersebut menyediakan menu katak hijau (swike) masak kuah dan goreng tepung yang dibanderol dengan harga Rp25.000.

Advertisement

Menurut Purwanto, menu swike masak kuah menjadi idola para pelanggannya.
Swikee Ijo Purwodadi yang buka pukul 09.00-21.00 WIB tersebut juga menyediakan nasi dengan harga Rp5.000 dan berbagai jenis minuman seperti teh manis, es jeruk, dan minuman bersoda (softdrink) dengan harga Rp3.000 sampai Rp7.000.

3. Pempek Raja Rasa

Tidak jauh dari lampu merah di perempatan Masjid Sholihin, Anda akan menemukan sebuah tempat makan bernama Pempek Raja Rasa. Dari namanya, sudah pasti menu yang dijual adalah pempek, makanan khas Palembang.

Pempek Raja Rasa (Gabriella Yoanita Pratiwi/JIBI/Solopos.com)

Pempek Raja Rasa yang beralamat di Jl.Gajah Mada No. 113 Solo itu merupakan sebuah cabang dari tempat makan yang berpusat di kota Yogyakarta.

Pempek Raja Rasa milik Rini tersebut menyediakan berbagai jenis pempek seperti kapal selam, lenjer, bulat, kulit, dan model. Tidak hanya itu, di sana juga tersedia siomay dan tekwan.

Berbagai menu tersebut dibanderol mulai dari Rp6.000 samapi Rp10.000. Sedangkan untuk air mineral dan minuman bersoda (softdrink) dibanderol mulai dari Rp3.000 sampai Rp4.000.

Advertisement

Menurut seorang karyawan bernama Fisal, pempek kapal selam dan kulit yang disediakan oleh tempat makan yang sudah beroperasi selama hampir 5 tahun tersebut sangat disukai oleh para pelanggan.

Menurut Fisal, harga yang ekonomis dan rasa yang mampu bersaing menjadi alasan utama bagi para pelanggan untuk selalu datang ke Pempek Raja Rasa.

Bagi Anda yang ingin mencicipi berbagai sajian di Pempek Raja Rasa, Anda bisa mengunjunginya  pukul 07.30-22.00 WIB.

4. Bubur Ayam Jakarta

Bubur Ayam Jakarta (Gabriella Yoanita Pratiwi/JIBI/Solopos.com)

Berada di Jl. Gajah Mada No.89, terdapat sebuah tempat makan bernama Bubur Ayam Jakarta. Meskipun memiliki nama Bubur Ayam, namun ternyata menu yang disajikan tidak hanya bubur ayam.

Bubur Ayam Jakarta juga menyediakan menu lainnya seperti soto ayam, mi ayam, bakso, cap cay, sup iga sapi, tempe, bakwan, dan masih banyak lagi.

Advertisement

Sementara itu, tempat makan milik Karni tersebut juga menyediakan beragam minuman seperti teh, es jeruk, sari kedelai, beras kencur, dan masih banyak lagi. Semua varian menu tersebut dijual dengan harga Rp1.000 sampai Rp20.000.

Menurut seorang karyawan bernama Narni, meskipun Bubur Ayam Jakarta yang buka pukul 05.30 WIB-21.00 WIB tersebut menjual berbagai macam jenis makanan, namun menu bubur ayam tetap menjadi favorit para pembeli.

5. Tahu Kupat Telor Sido Mampir Mbak Ida
Di Jl. Gajah Mada, Anda dapat menyambangi tempat makan yang menjual makanan khas Jawa bernama Tahu Kupat Telor Sido Mampir Mbak Ida. Tempat makan milik Ida yang sudah beroperasi selama 20 tahun tersebut beralamat di Jl. Gajah Mada No. 83 Solo.

Tahu Kupat Telor Mbak Ida (Gabriella Yoanita Pratiwi/JIBI/Solopos.com)

Menurut penuturan seorang karyawan bernama Edo, Tahu Kupat Telor Sido Mampir Mbak Ida menjual dua sajian tahu kupat yaitu tahu kupat biasa dan tahu kupat telur yang dijual Rp7.000 dan Rp9.000. Dua varian tahu kupat tersebut dapat Anda nikmati mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

6. Lesehan Pak Kemis

Lesehan Pak Kemis (Gabriella Yoanita Pratiwi/JIBI/Solopos.com)

Advertisement

Memasuki petang, tepat di depan Balai Persis, terdapat beberapa tempat makan kaki lima salah satunya adalah Lesehan Pak Kemis.

Tempat makan milik almarhum Kemis yang sudah mulai beroperasi sejak 12 tahun yang lalu tersebut menyediakan berbagai macam makanan ala lesehan pada umumnya seperti ayam goreng, ayam bakar, bebek goreng, kakap goreng, gurami bakar, pecel lele, dan gudangan. Semua varian menu tersebut dijual mulai dari Rp20.000 sampai Rp45.000.

Menurut penuturan Sumarni, istri Pak Kemis, menu bebek goreng menjadi favorit para pelanggannya. Selain itu, dia menuturkan jika rasa sambal yang mantap menjadi salah satu daya tarik bagi para pelanggan untuk makan di tempatnya.

Anda bisa mencicipi semua menu yang disajikan Lesehan Pak Kemis pukul 17.00 WIB-01.00 WIB.

7. Warung Makan Mbak Iin

Spanduk Warung Makan Mbak Iin. (Gabriella Yoanita Pratiwi/JIBI/Solopos.com)

Bergeser sedikit ke samping kiri, terdapat sebuah tempat makan kaki lima bernama Warung Makan Mbak Iin yang berjualan pada pukul 18.00 WIB-24.00 WIB.

Advertisement

Tempat makan milik Sabat yang sudah dikelola sejak 12 tahun yang lalu tersebut menyediakan aneka nasi goreng seperti nasi goreng gila, nasi goreng babat, dan nasi goreng ayam.

Tidak hanya itu, disana juga tersedia olahan burung dara, ayam kampung, bandeng segar, kakap, lele, dan udang.

Menurut Iin, istri Sabat, menu yang digandrungi para pelanggannya yaitu nasi goreng gila dan bandeng belah kering yang dijual dengan harga Rp13.000 dan Rp18.000.

8. Warung Timlo Asli Solo

Timlo Asli Solo (Gabriella Yoanita Pratiwi/JIBI/Solopos.com0

Warung Timlo Asli Solo merupakan tempat makan kaki lima yang buka pada pukul 18.30 WIB-24.00 WIB.

Warung Timlo Asli Solo yang berada tepat di samping Warung Makan Mbak Iin tersebut menyediakan timlo sebagai menu khasnya. Selain itu tersedia bakmi, bihun, nasi goreng, tahu tauco dan masih banyak lagi.

Semua menu di tempat makan yang dikelola oleh Iis tersebut dijual dengan harga Rp16.000 sampai Rp19.000.

Menurut Iis, hampir semua menu di Warung Timlo Asli Solo yang sudah memulai usahanya sejak 23 tahun yang lalu itu menjadi primadona di kalangan pelanggannya.

Iis juga mengungkapkan, kemampuan melayani pelanggan, rasa masakan yang konsisten, serta harga yang standar menjadi daya tarik Warung Timlo Asli Solo untuk mendapatkan pelanggan.

9. Bakmi Ramelan

Bakmi Ramelan (Gabriella Yoanita Pratiwi/JIBI/Solopos.com)

Bakmi Ramelan yang beralamat di Jl. Gajah Mada No.59, sebelah selatan Monumen Pers merupakan tempat makan yang mengusung konsep lesehan. Sesuai namanya, Bakmi Ramelan dimiliki oleh seorang pria bernama Ramelan sejak 1993.

Menu yang dijual Bakmi Ramelan cukup bervariasi, mulai dari olahan mi, bihun, nasi, sayur, telur dan masih banyak lagi. Semua itu dijual mulai dari Rp3.000 sampai Rp15.000.

Menurut informasi yang didapat dari Ainun, seorang karyawan Bakmi Ramelan, mie goreng dan cap cay goreng menjadi menu kesukaan para pembeli.

Selain itu, Ainun mengungkapkan para pembeli yang datang merupakan para langganan lama yang dimiliki Bakmi Ramelan sejak sang pemilik menjalankan usaha tersebut untuk kali pertama.

Bakmi Ramelan yang buka pukul 12.00 WIB-21.30 WIB tersebut memiliki tiga cabang lain di daerah Sraten, Kartasura, dan Klaten.

10. Bakso Tengkleng Mas Bambang

Bakso Tengkleng Mas Bambang (Gabriella Yoanita Pratiwi/JIBI/Solopos.com)

Di selatan lampu merah dekat Bakmi Ramelan, Anda akan menemukan sebuah tempat makan bernama Bakso Tengkleng Mas Bambang yang berada tepat di samping Kelurahan Timuran di kiri jalan.

Sesuai namanya, tempat makan yang buka pukul 09.00 WIB-22.00 WIB tersebut dimiliki oleh seorang pria bernama Bambang Winarno sejak 8 tahun yang lalu. Bakso Tengkleng Mas Bambang menyediakan menu beragam seperti bakso tengkleng, bakso super, mie ayam pangsit, mie ayam bakso, dan mi bakso tengkleng pangsit.

Bakso Tengkleng Mas Bambang juga menyediakan es teler, aneka jus, dan minuman herbal. Menurut Hakim, penanggung jawab tempat makan tersebut, bakso tengkleng menjadi menu favorit para pembeli.
Sebab, rasa bakso tersebut menjadi lebih unik saat dipadukan dengan tulang sapi.

Selain itu, Hakim membeberkan dua menu baru yang ada di Bakso Tengkleng Mas Bambang yaitu bakso pop dan siomay.

“Bakso pop adalah bakso yang memiliki isi di dalamnya seperti daging dan ikan tuna.” ungkap Hakim. Semua menu yang ada di Bakso Tengkleng Mas Bambang dijual mulai Rp3.000 sampai Rp24.000.

11. Rumah Makan Padang Sari Bundo

Rumah Makan Padang Sari Bundo (Gabriella Yoanita Pratiwi/JIBI/Solopos.com)

Menuju ke arah selatan sejauh 88 meter, ada sebuah tempat makan bernama Rumah Makan Padang Sari Bundo yang dapat Anda sambangi ketika sedang merasa lapar saat melewati Jl. Gajah Mada Solo.

Rumah Makan Padang Sari Bundo milik almarhum H. Muhammad Lukminto tersebut menjual berbagai makanan khas Padang pada umumnya seperti rendang, ayam goreng, ayam bakar, serundeng, dan paru.

Tidak hanya itu, tempat makan yang buka pukul 07.00 WIB-23.00 WIB tersebut juga menyediakan berbagai menu paket seperti paket hemat, paket prasmanan, dan paket untuk acara meeting atau arisan. Berbagai sajian tersebut dijual mulai Rp12.000 sampai Rp55.000.

Menurut penuturan Syafri Zur, seorang operasional di Rumah Makan Padang Sari Bundo yang beralamat lengkap di Jl. Gajah Mada No.36, rendang dan ayam bakar merupakan menu yang paling sering dibeli oleh para pelanggan.
(Gabriella Yoanita Pratiwi/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif