Sport
Jumat, 24 Maret 2017 - 14:00 WIB

KEJUARAAN KARATE : 4 Negara Adu Tanding di Solo

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Melepaskan tendangan

Kejuaraan karate digelar di Solo.

Solopos.com, SOLO — Sebanyak empat negara mengikuti kejuaraan karate antarmahasiswa se-Asia Tenggara, Sebelas Maret Cup (Semarcup) X di GOR Sritex Arena, Solo, Jumat-Minggu (24-26/3/2017).

Advertisement

Kejuaraan dua tahunan yang diselenggarakan Unit Kegiatan Mahasiswa Institut Karate-Do Indonesia (UKM INKAI) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo itu diikuti 60 kontingen dari Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Timor Leste. Ketua Panitia, Roy Wardana, menyampaikan kontingen dari Malaysia mengirimkan delapan atlet dan seorang ofisial.

Sedangkan, Brunei Darussalam dan Timor Leste masing-masing mengirimkan dua atlet dan tiga atlet. “Kalau UNS menurunkan 30 atlet yang kami targetkan bisa menjadi juara umum,” kata Roy ketika Jumpa Pers di Student Center UNS, Kamis (23/3/2017).

Roy menyebut pertandingan akan berjalan ketat karena kekuatan merata. Namun, dia mewaspadai kontingen dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang berstatus sebagai juara bertahan. “Memang atlet-atletnya sebagian besar sudah berganti, namun di sana regenerasinya berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Advertisement

Sementara itu, dari sisi jumlah peserta kejuaraan yang masuk dalam serangkaian agenda Dies Natalis UNS ke-41 itu mengalami peningkatan. Jumlah peserta tahun ini 361 atlet, sedangkan pada kejuaraan sebelumnya hanya berjumlah 243 atlet.

“Hanya, jumlah kontingen meleset dari target kami, yakni 80 kontingen. Dari awal kami memang memasang target tinggi agar panitia bersemangat dalam mempersiapkan event ini,” beber Roy.

Ratusan atlet tersebut akan memperebutkan 17 piala dari masing-masing kelas. Panitia penyelenggara juga menyedikan dua piala bagi dua atlet yang bakal menyabet predikat best of the best. “Jadi kami sediakan 19 piala dan total hadiah sekitar Rp50 Juta. Kejuaraan ini ada empat tipe, yakni Kata beregu, Kata perorangan, Kumite beregu, dan Kumite perorangan,” tandasnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif