News
Kamis, 23 Maret 2017 - 21:26 WIB

Melinda Gates, Istri Orang Terkaya di Dunia Blusukan ke Jogja-Klaten

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Melinda Gates (baju krem) saat blusukan di Jogja, Selasa-Rabu (21-22/3/2017), (Facebook/ Sue Desmond-Helmman)

Melinda Gates istri Bill Gates dua hari ini blusukan ke Jogja dan Klaten.

Solopos.com, JOGJA — Siapa tak kenal Bill Gates, orang terkaya di dunia dan pendiri Microsoft. Istrinya, Melinda Gates Selasa hingga Rabu (21-22/3/2017) blusukan ke Kota Jogja.  Melinda Gates juga menyambangi Klaten bersama tim dari Bill & Gates Foundation (BMGF).

Advertisement

Di Klaten, Melinda dan Sue Desmond-Hellman yang merupakan CEO BMGF mengunjungi RSIA Aisyiyah. Ini terpantau dari Facebook Sue Desmond-Helmman, Kamis (23/3/2017) yang menggunggah foto dia bersama Melinda mengunjungi rumah sakit khusus ibu dan anak di wilayah Klaten itu.

Kunjungan istri Bill Gates ini sama sekali lolos dari pantauan media di Jogja. Bahkan, media baru mengetahuinya pada Rabu sore atau setelah Melinda meninggalkan Jogja. Selama di Jogja, Melinda Gates dikabarkan mengunjungi beberapa tempat salah satunya ke Kantor Eliminate Dengue Project Yogyakarta (EDP Yogya) di Pusat Kedokteran Tropis Fakultas Kedokteran UGM.

Advertisement

Kunjungan istri Bill Gates ini sama sekali lolos dari pantauan media di Jogja. Bahkan, media baru mengetahuinya pada Rabu sore atau setelah Melinda meninggalkan Jogja. Selama di Jogja, Melinda Gates dikabarkan mengunjungi beberapa tempat salah satunya ke Kantor Eliminate Dengue Project Yogyakarta (EDP Yogya) di Pusat Kedokteran Tropis Fakultas Kedokteran UGM.

EDP saat ini sedang melalukan penelitian tentang nyamuk Aedes Aegipty ber-Wolbachia yang didanai Yayasan Tahija. Selain ke Kantor EDP Yogya, Melinda juga mengunjungi wilayah Kricak, Tegalrejo, Jogja.

Diduga kuat kunjungan itu untuk melihat langsung tentang pemberantasan demam berdarah dengue (DBD) yang menggunakan teknologi Wolbachia. Kelurahan Kricak merupakan salah satu wilayah yang menjadi tempat penitipan telur nyamuk Aedes Aegipty ber-Wolbachia bersama sejumlah kelurahan lain di Jogja yang dimotori oleh EDP Yogya.

Advertisement

Namun berdasarkan penelusuran Harian Jogja di akun Facebook Melinda Gates, dia tampak mengunggah lima foto saat mengunjungi EDP Jogja dan suatu tempat. Melinda mengunggah foto Gunung Merapi di mana Melinda menulis Indonesia Indah sebagai keterangannya.

Banyak Nyawa

Selain itu, Melinda juga tampak sedang melihat sesuatu di mikroskop. Dalam keterangannya Melinda mengaku melihat Wolbachia dengan mata kepala sendiri. Dia kemudian teringat pelajaran Biologi yang diajarkan gurunya bahwa ilmu pengetahuan itu telah menyelamatkan banyak nyawa.

Advertisement

Foto lainnya saat Melinda, Sue Desmond-Hellman bersama Scott O Neil tampak tersenyum dengan mengacungkan jempol di atas kandang nyamuk yang milik EDP.

Foto lain yang diunggah Melinda adalah mural di tembok bergambar nyamuk dengan tulisan “Wolbachia Melu Cegah DBD” dan foto saat Melinda berjalan di suatu jalan kampung yang diduga saat mengunjungi Kricak. Di foto itu tampak Bekti Andari ikut menemani.

Di akun Facebook Melinda, dia menceritakan kegembiraannya datang ke Indonesia. “Saat ini, saya sedang dalam perjalanan untuk pembelajaran di Indonesia,” tulis Melinda.

Advertisement

“Hari pertama cukup luar biasa, penuh dengan pemandangan mengagumkan, pembicaraan menarik dan penemuan yang menggetarkan yang membuat saya menjadi lebih optimistis lagi mengenai masa depan Indonesia,” lanjutnya.

Dari fotonya, dapat diketahui kalau dia sedang berada di Yogyakarta. Ia tertarik mempelajari usaha periset di Kota Pelajar yang mampu meredam demam berdarah dengan menginfeksi nyamuk Aedes Aegypti dengan bakteri Wolbachia sehingga virusnya tidak berbahaya. “Bakteri itu mencegah virus berlipat ganda di dalam nyamuk, memastikan nyamuk itu tidak bisa mentransmisi virus mematikan itu ke manusia. Teknologi itu dapat menyelamatkan kehidupan. Bahkan juga bisa diaplikasikan ke Zika,” sebutnya.

Selain itu, akun Facebook milik CEO BMGF, Sue Desmond-Hellmann yang diunggah Rabu siang juga membenarkan adanya kunjungan itu. Sue Desmond mengunggah foto Melinda dan Sue Desmond yang sedang duduk lesehan di suatu tempat terbuka. Tampak Melinda duduk di tikar plastik dengan suguhan teh dan makanan kecil. Di foto tersebut tampak Bekti Andari juga menemani Melinda Gates. Di duga foto tersebut saat Melinda berada di Kricak. Hingga menjelang Kamis (23/3) dini hari, foto itu sudah mendapat “like” seribuan salah satunya dari pemilik Facebook, Mark Zuckerberg.

Sementara itu, di laman Facebook salah satu peneliti EDP Yogya, Donnie Ahmad atau Riris Andono Ahmad, yang diunggah Rabu sore juga memuat adanya kunjungan itu.

Donnie mengunggah tiga foto Melinda Gates. Di laman Facebook Donnie Ahmad juga diserta tulisan Setelah mas Bill kersa dolan 2 tahun yang lalu, Sekarang mbak Melinda juga bergembira dolan kemari.

Di foto itu, Melinda Gates tampak berfoto bersama dengan tim EDP Yogya antara lain Bekti Andari dan Donnie Ahmad dan Prof Adi Utarini yang juga peneliti utama EDP. Mereka berfoto di Kantor EDP Jogja di UGM. Foto lainnya adalah saat Melinda Gates dan dua orang yang diduga tim BMGF mengacungkan jempol di atas kandang nyamuk Aedes Aegipty ber-Wolbachia. Ketiganya tampak tersenyum. Foto ketiga ketika Melinda berjalan di sebuah jalan kampung. Di duga, foto itu ketika Melinda berada di Kricak.

Informasi yang dihimpun, Bill Gates masih menjadi orang terkaya di dunia. Data Forbes, menyebut Bill Gates bertengger di urutan pertama dengan harta senilai US$86 miliar atau setara dengan Rp1.143 triliun. Bill Gates tetap menjadi orang terkaya meskipun hartanya terhitung cukup besar disalurkan kepada yayasan sosial bernama Bill & Melinda Gates Foundation.

Melinda adalah istri dari Bill Gates. Hingga sekarang diketahui sudah US$30 miliar harta yang disalurkan ke yayasan. Yayasan ini bertekad untuk memberantas penyakit dan kemiskinan.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif