News
Rabu, 22 Maret 2017 - 14:59 WIB

PILPRES 2017 : Indo Barometer: Publik Ingin Jokowi Jadi Presiden Lagi

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo alias Jokowi. (JIBI/Solopos/Antara/Harviyan Perdana Putra)

Survei Indo Barometer menyebutkan mayoritas publik ingin Jokowi terpilih kembali jadi Presiden pada Pilpres 2019.

Solopos.com, JAKARTA — Sebanyak 57,8% masyarakat yang disurvei masih menginginan Joko Widodo (Jokowi) untuk menjabat kembali sebagai Presiden RI periode 2019-2024 karena berbagai alasan termasuk kemampuan dalam menangani berbagai masalah.

Advertisement

Keinginan agar Presiden Jokowi melanjutkan kepemimpinan tersebut tidak terlepas dari tingkat kepuasan publik terhadap kinerjanya yang mencapai angka 66,4%. Sedangkan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Wapres Jusuf Kalla menyentuh angka 57,8%.

Demikian sebagian hasil survei yang dilakukan oleh Indo Barometer sebagaimana dirilis hari ini, Rabu (22/3/2017). Survei yang dilaksanakan di 34 provinsi pada 4-14 Maret 2017 itu melibatkan 1.200 responden dengan margin of error sebesar kurang lebih 3,0%.

Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhamad Qodari mengatakan bahwa berdasarkan survei yang dilakukan sebagai evaluasi atas 2,5 tahun kepemimpnan Presiden Jokowi-JK, terlihat sejumlah program yang dinilai berhasil memuaskan publik. Dia mencontohkan untuk program pembangunan, publik menilai terjadi peningkatan (17,6%) dan di bidang pendidikan terjadi peningkatan layanan (10,1%).

Advertisement

Sedangkan program unggulan lainnya yang menjadikan publik puas adalah Kartu Indonesia Sehat (KIS) dengan persentase 7%. Untuk infrastruktur jalan dan stabilitas harga di daerah terpencil, publik memberi apresiasi masing-masing pada level 6,9% dan 6,8%.

Sedangkan berada di bawahnya, adalah kebijakan tol laut (6,6%), pemberantasan korupsi (5,8%), dan eksekusi hukuman mati pelaku kejahatan narkoba (3,8%). Untuk hubungan dengan negara Arab Saudi publik, juga memberikan apresiasi dengan persentase 3,7%, selain kepuasan lainnya yang masuk dalam aspek yang disurvei.

Qodari juga memaparkan tingkat kepuasan publik terhadap para menteri. Nama Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Menteri Agama Lukman Hakim Syaefuddin berada di urutan teratas kepuasan publik terhadap menteri kabinet. Tingkat kepuasan publik pada Susi mencapai 26,3% dan terhadap Lukman sebesar 12,3% berdasarkan hasil survei itu.

Advertisement

Meski sudah tidak lagi menjabat sebagai menteri pendidikan, namun nama Anies Baswedan masuk dalam tiga besar menteri dengan tingkat kepuasan publik tertinggi, yakni 8,9%. Sedangkan sederetan menteri kabinet yang kurang memberikan kepuasan publik termasuk Menteri ESDM Ignatis Jonan, yakni 1,2%.

Angka itu di bawah kepuasan publik terhadap Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Menko Maritim Luhut Panjaitan yang masing-masing sebesar 1,3% dan 1,4%. Sedangkan sejumlah menteri lainnya berada di bawah angka 1%.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif