Sport
Rabu, 22 Maret 2017 - 19:25 WIB

2 Turnamen Bulu Tangkis Junior Paling Bergengsi Digelar di Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bulu tangkis. (JIBI/Solopos.com/Dok)

Indonesia akan menyelenggarakan turnamen bulu tangkis junior.

Solopos.com, JAKARTA – Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan dua turnamen paling bergengsi di level junior (U-19) yaitu kejuaraan Asia Junior Championships (AJC) dan World Junior Championships (WJC). Dua kejuaraan ini memainkan nomor beregu campuran dan perorangan.

Advertisement

AJC rencananya akan dilangsungkan di GOR Jaya Raya Bintaro, 22–30 Juli 2017 mendatang. Jadwal tersebut mundur beberapa pekan dari jadwal awal karena berdekatan dengan Idul Fitri. Sedangkan penyelenggaraan WJC telah diumumkan sejak tahun lalu, dengan Daerah Istimewa Yogyakarta akan menjadi provinsi penyelenggara kejuaraan ini, 9-22 Oktober 2017 mendatang.

“Keputusan ini baru diumumkan pekan lalu, Indonesia akhirnya dipercaya untuk menjadi tuan rumah AJC 2017. Soal waktu persiapan yang cukup singkat, kami rasa tidak ada masalah, masih ada waktu empat bulan ke depan. Kami sudah mulai mengerjakan persiapan yang sudah bisa dikerjakan,” ujar Kasubid Hubungan Internasional PP PBSI, Bambang Roedyanto.

“Tentunya sebuah kehormatan bagi Indonesia dalam setahun bisa dipercaya menjadi tuan rumah AJC dan WJC sekaligus. Ini membuktikan bahwa reputasi Indonesia sebagai penyelenggara kejuaraan bulu tangkis sudah diakui,” sambungnya di Badmintonindonesia.org, Rabu (22/3/2017).

Advertisement

Tak hanya mengangkat nama Indonesia sebagai penyelenggara kejuaraan bulu tangkis level dunia, kesempatan menjadi tuan rumah juga menguntungkan Indonesia dari segi jumlah kuota atlet yang bertanding di AJC dan WJC 2017. Selain itu, klub dan pembina bulu tangkis juga dapat menyaksikan langsung sejauh mana kekuatan pemain-pemain asing dan dapat memberikan masukan bagi pembinaan atlet di klubnya.

Selain itu, AJC dan WJC 2017 merupakan ajang bagi pebulutangkis U-19 untuk berlomba-lomba merebut poin menuju Youth Olympic 2018 yang akan berlangsung di Buenos Aires, Argentina. Hampir dipastikan mereka yang akan turun di AJC dan WJC 2017 adalah atlet-atlet junior terbaik di dunia.

Indonesia telah memulai persiapan jelang dua kejuaraan ini dengan memanggil 26 atlet untuk latihan bersama di Pelatnas Cipayung. Atlet tunggal putra dan tunggal putri sudah bergabung pada 13 Maret 2017, sedangkan ganda putra dan ganda campuran pada 17 April 2017.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif