Soloraya
Senin, 20 Maret 2017 - 12:15 WIB

INFRASTRUKTUR KARANGANYAR : Belum Diresmikan, Tembok Jembatan Plempungan Retak

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengguna jalan melintas di Jembatan Plempungan, Desa Bolon, Kecamatan Colomadu, Karanganyar, Minggu (19/3/2017). (Iskandar/JIBI/Solopos)

Infrastruktur Karanganyar ini menyoroti kondisi jembatan Plempungan.

Solopos.com, KARANGANYAR — Pengguna jalan yang melintas di Jembatan Plempungan, Desa Bolon, Colomadu, Karanganyar, waswas karena dua tembok pengaman jembatan di sisi selatan yang baru selesai dibangun akhir Desember 2016 retak.

Advertisement

“Keretakan tembok buk pada jembatan yang baru saja dibangun ini bisa membahayakan pengguna jalan yang melintas. Karena kalau tiba-tiba roboh dan mengenai pengguna jalan tentu akan berakibat fatal,” ujar salah seorang pengguna jalan yang melintas di Jembatan Plempungan, Nawir, 67, ketika ditemui di lokasi, Minggu (19/3/2017).

Berdasar pengamatan di lokasi, dua bangunan tembok buk dengan tinggi kira-kira 1 meter tebal 30 sentimeter di kanan dan kiri sisi selatan Jembatan Plempungan retak bagian bawah.

Untuk diketahui, jembatan Plempungan di Desa Bolon, Colomadu ini dibangun untuk memperlancar arus lalu-lintas warga di Karanganyar dan Boyolali. Pembangunan jembatan dengan ukuran 30,6 meter x 3 meter itu menelan dana Rp2,7 miliar.

Advertisement

Lebih lanjut Nawir mengatakan meski jembatan ini belum diresmikan penggunaannya, tapi sudah ramai dilalui warga. Sebab jembatan itu menjadi salah satu jalan alternatif yang menghubungkan kawasan Bolon, Colomadu, dengan Desa Ngesrep, Ngemplak, Boyolali.

Camat Colomadu, Yophy Eko Jatiwibowo, membenarkan adanya keretakan tembok buk di kanan dan kiri Jembatan Plempungan di sisi selatan. Pihaknya segera melaporkan adanya kerusakan tembok jembatan tersebut ke Bupati Karanganyar, Juliyatmono.

“Jembatan itu memang belum diresmikana, tapi masyarakat sudah banyak yang melintas menggunakan Jembatan Plempungan ini. Karena kalau menggunakan jembatan ini warga Ngesrep, Ngemplak, Boyolali yang akan ke Colomadu atau Kartasura lebih dekat,” ujar dia.

Advertisement

Terkait kerusakan tersebut dia meminta yang bertanggung jawab pada pembangunan jembatan ini segera memperbaikinya. Dikhawatirkan jika tidak segera diperbaiki akan membahayakan pengguna jalan yang melintas di jembatan ini.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif