Lifestyle
Minggu, 19 Maret 2017 - 08:00 WIB

TIPS KESEHATAN : Ladies, Hindari Hal Ini Saat Menstruasi

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Menstruasi (timesofindia)

Tips kesehatan kali ini tentang hal-hal yang perlu dihindari saat menstruasi.

Solopos.com, SOLO — Haid atau menstruasi lazim dialami Kaum Hawa sesuai siklus masing-masing. Saat mengalami menstruasi, wanita kadangkala merasakan gejala tubuh tak nyaman, seperti sakit kepala, mual, sakit perut, nyeri punggung, dan lain-lain.

Advertisement

Kondisi tersebut bisa semakin parah apabila wanita melakukan hal-hal yang dapat memicu rasa tak nyaman itu. Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya dihindari ketika sedang menstruasi sebagaimana dilansir Mirror, Rabu (15/3/2017).

1. Makanan bercita rasa asin
Makanan bercita rasa asin perlu dihindari saat menstruasi. Makanan yang kaya akan kandungan garam akan membuat perut kembung. Ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan malas.

2. Berhubungan badan
Berhubungan badan saat menstruasi sebaiknya dihindari. Saat menstruasi, rahim wanita sebagian akan terbuka sehingga virus dan bakteri lebih mudah masuk ke vagina dan bahkan masuk ke dalam rahim dan panggul, yang akan mengancam kesehatan kelamin setiap pasangan.

Advertisement

3. Rokok dan kopi
Hindari merokok dan mengonsumsi kopi karena dapat memicu penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan rahim terasa sakit saat mentruasi.

4. Waxing
Hindari waxing saat Anda mengalami menstruasi. Saat menstruasi akan terjadi penurunan hormon estrogen dan proestrogen yang membuat tubuh lebih peka terhadap rasa sakit. (Vega Della Septyanti/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif