Entertainment
Sabtu, 18 Maret 2017 - 22:30 WIB

KABAR ARTIS : Waldjiah Kembali Sumringah

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Maestro keroncong Waldjinah (kiri), tersenyum saat ditemui wartawan di RS Kasih Ibu Solo, Sabtu (18/3/2017). (M Ferri Setiawan/JIBI/Solopos)

Kabar artis Waldjinah kian membaik setelah dirawat selama enam hari di RS.

Solopos.com, SOLO — Senyuman mengembang di wajah Waldjinah saat menyambut awak media yang bertandang ke ruang perawatan Amarta I Rumah Sakit Kasih Ibu Solo, Sabtu (18/3/2017) siang. Mengenakan riasan tipis dan bibir yang disaput lipstik berwarna merah, maestro keroncong Indonesia itu duduk di pembaringan.

Advertisement

“Sudah enakan, tapi masih ngik [merasakan sesak] gitu kalau dipakai napas,” ujar Waldjinah  sumringah saat menceritakan kondisi kesehatannya.

Selama enam hari terakhir, pelantun tembang Walang Kekek ini mendapatkan perawatan di rumah sakit setempat lantaran mengalami gangguan pasokan oksigen ke jantung atau Akut Miokard Infark (AMI).

Advertisement

Selama enam hari terakhir, pelantun tembang Walang Kekek ini mendapatkan perawatan di rumah sakit setempat lantaran mengalami gangguan pasokan oksigen ke jantung atau Akut Miokard Infark (AMI).

Ia dirawat di ruang Intensive Cardiologi Care Unit (ICCU) selama empat hari sejak Senin (13/3), sebelum dipindahkan ke ruang perawatan reguler pada Kamis (16/3/2017). Sabtu lepas maghrib, rencananya Waldjinah akan pulang ke kediaman pribadinya.

“Pulang dari sini ingin makan makanan yang nonkolesterol,” katanya sedikit terbata-bata. Saat ditanya pesan dokter ahli jantung yang merawatnya, penyanyi berusia 71 tahun ini pun mengingatnya. “Tidak boleh banyak mengobrol. Tapi ya sering lupa,” ucap dia lagi sembari terkekeh.

Advertisement

Ari menyampaikan saat masuk ke rumah sakit, tekanan darah Waldjinah mencapai 180/100 mmHg atau di atas ambang batas normal 120/80 mmHg. Setelah dirawat di ICCU, kondisi ibunya berangsur-angsur membaik.

“Pas di ICCU itu, ibu sempat menerima banyak kunjungan teman-temannya. Terus merasa bungah [kesenangan] dan tensinya kembali naik. Setelah itu, kunjungan kami batasi kalangan terbatas saja supaya ibu bisa beristirahat,” bebernya.

Menurut Ari, ibunya selama ini tidak memiliki riwayat gangguan jantung. Sang biduan diketahui beberapa kali memiliki gangguan pencernaan dan pernah dirawat di rumah sakit. Terakhir, Waldjinah dirawat di rumah sakit karena kadar gula darahnya ngedrop, Februari lalu.

Advertisement

“Setelah diperbolehkan pulang ini, ibu akan menjalani pengobatan di rumah. Rencananya juga ada perawatan lanjutan seperti kateterisasi jantung dan sebagainya. Harus break total dulu dan yang paling penting menjaga pola makan,” tutur dia.

Kondisi kesehatan Waldjinah yang melemah mengundang keprihatinan sejumlah kalangan. Beberapa di antaranya istri Wali Kota Solo, Endang Hadi Rudyatmo, penyanyi Endah Laras, desainer Rory Wardana, sampai penyanyi Sruti Respati. Mereka bergiliran menjenguk untuk menunjukkan dukungannya kepada sang maestro keroncong.

Kepada wartawan saat menjenguk Waldjinah di rumah sakit, Sruti Respati berharap sosok idolanya bisa segera pulih. “Saya berharap ibu sembuh seperti sedia kala. Ibu masih menjadi sesepuh maestro keroncong yang kami jadikan panutan,” harapnya.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Kabar Artis Waldjinah
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif