Teknologi
Jumat, 17 Maret 2017 - 08:30 WIB

TEKNOLOGI TERBARU : Hyperloop Segera Tiba di Indonesia, Jakarta-Jogja Cuma 25 Menit

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Hyperloopconcept (Independent)

Teknologi terbaru Hyperloop kereta super cepat segera tiba di Indonesia.

Solopos.com, SOLO — Hyperloop belakangan sering terdengar di telinga masyarakat Indonesia. Kereta super cepat yang bisa menempuh Jakarta-Jogja hanya 25 menit ini dikabarkan segera mendarat di Indonesia.

Advertisement

Dikutip dari CNBC Sabtu (11/3/2017) dan diunggah Liputan6.com, Hyperloop adalah armada kereta supercepat yang diprakarsai miliarder teknologi kenamaan Elon Musk.

Konsep Hyperloop (Independent)

Kini, Indonesia—via Kementerian Perhubungan—dikabarkan telah menandatangani kerja sama dengan mitra Hyperloop di Indonesia. Adalah Hyperloop Transtek Indonesia, perusahaan yang didapuk untuk mengembangkan kereta supercepat ini.Hyperloop diharapkan bisa menjadi salah satu solusi yang bisa memecahkan masalah kemacetan di Indonesia.

Advertisement

Atas dasar itulah perusahaan Hyperloop Transportation Technologies (HTT) menawarkan Hyperloop ke Indonesia. Jika nantinya benarterjadi, Indonesia otomatis menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki sistem transportasi Hyperloop. Adapun negara lain yang tengah mendapatkan proyek pengembangan Hyperloop di antaranya, Perancis, Republik Ceko, Slowakia, dan Uni Emirat Arab.

Ke depan, kereta Hyperloop tidak akan mengusung skema transportasi via rel kereta. Ia akan mengusung bentuk tabung atau kapsul, yang dapat mengangkut hingga 40 orang.Untuk landasan pacunya, akan ada stator aktif dibangun ke trek dan bereaksi dengan magnet yang dibangun ke dalam kapsul, sehingga mendorongnya melalui tabung tersebut.

Hyperloopconcept (Independent)

Advertisement

Karena memiliki tekanan udara yang lebih rendah akan meminimalisir gesekan yang memperlambat gerakan kapsul, sementara koil stator tetap bergerak merata.Hyperloop dapat memindahkan penumpang atau juga barang dalam hitungan waktu singkat. Menurut taksiran HTT, perjalanan dari Jakarta ke Bandung jika menggunakan Hyperloop hanya memakan waktu 9 menit saja.

Sedang dari Jakarta ke Jogja cuma menempuh waktu 25 menit.Jika memang bisa terwujud, Hyperloop digadang-gadang dapat menjadi mobilitas paling diprioritaskan karena supercepat dan irit waktu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif