Soloraya
Rabu, 15 Maret 2017 - 08:10 WIB

INFRASTRUKTUR SOLO : Pengawas Jalan Minta Bekas Galian di Jl. Sumpah Pemuda Dipulihkan

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengendara motor melintasi jalan yang rusak dan berlubang bekas galian pipa sanitasi di Jl. H. Juanda, Solo, Senin (13/3/2017). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Infrastruktur Solo, pengawas jalan meminta pelaksana proyek jaringan limbah memulihkan bekas galian di jalan.

Solopos.com, SOLO — Pengawas Jalan PPK Kartasura-Surakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Satijo, meminta kontraktor proyek jaringan saluran limbah cair yang mengerjakan proyek di Jl. Sumpah Pemuda, Kadipiro, Banjarsari, Solo, segera memperbaiki bekas galian.

Advertisement

Menurutnya, kontraktor di jalan nasional tersebut sama dengan kontraktor yang mengerjakan proyek di Jl. Ir. Juanda, Jebres. Satijo mewanti-wanti agar pengembalian bekas galian jalan harus sesuai konstruksi dan spesifikasi semula.

Jika ketebalan aspal jalan nasional misalnya 15 cm, kontraktor juga harus mengembalikan dengan tebal persis dengan keadaan sebelum penggalian. “Di Jl. Sumpah Pemuda itu memang hanya 300 meter [panjangnya]. Tapi kalau tidak segera dikembalikan, kami khawatir kecelakaan maut di Jl. Ir. Juanda akan terulang,” tuturnya saat ditemui Solopos.com, Selasa (14/3/2017). (Baca juga: Hindari Bekas Galian Pipa, Warga Sragen Jatuh Lalu Terlindas Truk di Jl. Juanda)

Ia menambahkan kontraktor sebenarnya berencana membuat crossing di Jl. Sumpah Pemuda ke arah selatan. Tapi hal itu disetop karena kontraktor belum mengantongi izin dari Kementerian PUPR. “Kami harus tahu dulu konstruksinya seperti apa sebelum memberi izin menggali jalan,” katanya.

Advertisement

Sebagaimana diinformasikan, bekas galian yang memanjang di salah satu sisi ruas Jl. Ir. Juanda, Jebres, sebelumnya memakan korban jiwa. Seorang pengendara sepeda motor asal Sragen tewas setelah terjatuh dan terlindas truk saat melintas di bekas galian yang tak dikembalikan ke kondisi semula itu.

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif