Soloraya
Selasa, 14 Maret 2017 - 03:00 WIB

PENDIDIKAN WONOGIRI : 5 SMA/SMK Tidak Menggelar UNBK, Ini Alasannya

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Antara)

Pendidikan Wonogiri, lima SMA/SMK tidak menggelar UN berbasis komputer tahun ini.

Solopos.com, WONOGIRI — Lima SMA/SMK di Wonogiri tidak akan menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun ini. Kelima sekolah tersebut terdiri atas empat SMA dan satu SMK.

Advertisement

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Wonogiri, Yuli Bangun Nursanti, memerinci keempat SMA yang tidak menggelar UNBK tersebut antara lain SMA Pancasila Baturetno, SMA Muhammadiyah Manyaran, SMA Kanisius Harapan Tirtomoyo, dan SMAN 1 Nguntoronandi.

“Kalau SMAN 1 Nguntorondai tidak menggelar UNBK karena masih baru dan hanya punya siswa kelas X. Sedangkan sisanya, SMA Pancasila Baturetno, SMA Muhammadiyah Manyaran, dan SMA Kanisius Harapan Tirtomoyo, tidak menggelar UNBK karena telat mendaftar penyelenggaraan UNBK,” tutur dia saat dihubungi Solopos.com, Senin (13/3/2017).

SMA yang tidak menggelar UNBK tahun ini akan menggelar Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP). Bangun menambahkan jumlah SMA yang mengikuti UNBK tahun ini meningkat secara signifikan dibanding tahun lalu yang hanya 10 SMA.

Advertisement

“Dari 13 SMA negeri dan 10 SMA swasta di Wonogiri, yang tidak menggelar UNBK hanya empat SMA. Peserta UNBK tetap terbagi dalam tiga sif dan akan digelar pada 10-13 April untuk SMA,” tambahnya.

Terpisah, Ketua MKKS SMK Wonogiri, Suwandi, mengatakan hanya ada satu SMK yang tidak mengikuti UNBK tahun ini yakni SMK Gajah Mungku Sidoharjo. SMK tersebut terlambat mendaftar kepesertaan penyelenggaraan UNBK.

“Dibanding tahun lalu, tahun ini jumlah SMK yang menggelar UNBK jauh lebih banyak. Tahun lalu hanya ada enam SMK dari 44 SMK di Wonogiri. Ke-44 SMK tersebut terdiri atas delapan SMK negeri dan 37 SMK swasta,” ujarnya.

Advertisement

UNBK untuk SMK digelar pada 3-6 April. Suwandi menambahkan simulasi penyelenggaran UNBK untuk SMK sudah rampung pada Selasa (7/3/2017).

“Simulasi penyelenggaran UNBK untuk SMK sudah terlaksana tiga kali. Simulasi terakhir dilaksanakan pada Selasa. Tidak ada kendala. Semua sistem, server, komputer, sudah siap untuk menghadapi UNBK tahun ini,” kata dia.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif