Teknologi
Jumat, 10 Maret 2017 - 11:30 WIB

Prosesor dengan 12 Core Bakal Hadir 2018

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Mediatek (Wantchinatimes.com)

Mediatek akan merilis prosesor tercanggihnya itu pada 2018.

Solopos.com, NEW YORK — Manufaktur prosesor (chipset) komputer asal Tiongkok, Mediatek, bakal memperkenalkan inovasi terbaruny. Mediatek sedang mengembangkan chipset dengan inti pemrosesan sebanyak 12 core.

Advertisement

Sebagai salah satu komponen yang memengaruhi performa, prosesor telah mengalami beberapa perkembangan, salah satunya jumlah inti pemrosesan yang kini menjadi lebih banyak. Sebagaimana diketahui, saat ini jumlah inti pemrosesan dalam sebuah chip telah menyentuh angka 10 core atau disebut sebagai deca-core. Sebelumnya jumlah tersebut baru sebatas 8 inti yang disebut octa-core.

Namun berdasarkan bocoran dari sumber terdekat yang diungkap Phone Arena, Jumat (10/3/2017), Mediatek bakal memiliki proses terbaru yang mengandalkan jumlah inti pemrosesan sebanyak 12 core.

Chipset yang akan diproduksi oleh TSMC tersebut kabarnya segera diuji coba. Arsitektur yang digunakan oleh CPU itu ialah 7 nm yang diharapkan mampu menghadirkan penghematan daya dan peningkatan performa yang lebih baik arsitektur sebelumnya yakni 10 nm.

Advertisement

Saat ini sendiri, baik TSMC maupun Mediatek, sedang berusaha memproduksi chip terbaru yang berdasarkan 10 nm yaitu HelioX30. Dengan demikian produksi chip berotak 12 inti tersebut akan dimulai pada pertengahan 2018.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif