Teknologi
Kamis, 9 Maret 2017 - 15:45 WIB

Printer 3D Ini Bisa Bangun Rumah dalam Waktu 24 Jam

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Interior rumah yang dicetak menggunakan print 3D. (Istimewa/apis-cor.com)

Kisah unik kali ini tentang printer tiga dimensi yang bisa mencetak rumah.

Solopos.com, MOSKOW – Terobosan teknologi konstruksi rumah dilakukan sebuah start up asal Moskow, Rusia, Apis Cor. Perusahaan itu menciptakan printer tiga dimensi (3D) yang bisa mencetak satu bangunan rumah utuh yang bisa ditempati.

Advertisement

Berbeda dengan printer konstruksi bangunan yang sudah ada sebelumnya, Apis Cor mengangkat konsep mobile 3D Printer. Seperti dikutip Solopos.com, dari laman resmi Apis Cor, Kamis (9/3/2017), perusahaan tersebut mengembangkan printer 3D konstruksi yang bisa dibawa ke mana-mana. Printer itu mampu mencetak bangunan tertentu di satu tempat dalam waktu singkat.

Pendiri Apis Cor, Nikita Chen-yun-tai, mengatakan perusahaan yang ia buat itu sebagai impiannya untuk mengotomatisasi segala hal. Apis Cor juga bertujuan untuk memberi terobosan pada dunia kontruksi sehingga lebih banyak orang bisa mendapatkan kehidupan lebih baik.

“Kami [orang-orang Apis Cor] memiliki mimpi yang sama, yaitu mengubah pola bisnis industri konstruksi, sehingga jutaan orang yang sebelumnya tak memiliki kesempatan [membangun rumah], sekarang bisa memperbaiki kehidupan mereka,” ungkap Nikita.

Advertisement

Rumah yang dicetak menggunakan print 3D. (Istimewa/apis-cor.com)

Hasil perdana rumah yang dicetak Apis Cor berada di Kota Stupino, Region Moskow. Rumah berbentuk melingkar itu dicetak dalam kurun waktu hampir 24 jam, seluas 38 meter persegi. Kelebihan printer yang dikembangkan Apis Cor adalah bisa dipindahkan dengan mudah tak seperti mesin pencetak rumah yang selama ini diciptakan . Hanya seberat 2 ton, printer tersebut bisa membuat rumah hingga setinggi 3 meter dan seluas 132 meter persegi.

Dilansir Livescience, Selasa (7/3/2017), bentuk rumah melingkar yang dibuat sebagai contoh bertujuan untuk menunjukkan printer 3D Apis Cor bisa mencetak rumah dalam bentuk apapun. Untuk satu kali mencetak rumah, diperlukan dana kurang lebih US$10.134 aau setara dengan Rp135 jutaan. Harga tersebut sudah termasuk biaya fondasi, atap rumah, cat dalam dan luar rumah, saluran udara, jendela, lantai, dan langit-langit rumah.

Advertisement

Berdasarkan keterangan Apis Cor, membangun rumah dengan mesin pencetak Apis Cor mampu menghemat hingga 70% biaya yang harus dikeluarkan saat membangun rumah dengan cara konvensional.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif