Otomotif
Kamis, 9 Maret 2017 - 14:10 WIB

GMS 2017 : Ini Penampakan Mobil Terbang Bikinan Airbus

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Airbus Pop.Up. (Istimewa/Autoblog.com)

Airbus memamerkan mobil terbang bernama Pop Up di GMS 2017.

Solopos.com, DETROIT — Airbus akhirnya memamerkan inovasi teknologi automotif mobil terbang di ajang Geneva Motor Show 2017. Perusahaan penerbangan asal Eropa ini menyebut mobil terbang miliknya dirancang untuk kehidupan perkotaan.

Advertisement

Dilansir Mashable, Kamis (9/3/2017), Ajang Geneva Motor Show 2017 juga dimanfaatkan perusahaan penerbangan Eropa, Airbus, untuk memperkenalkan mobil terbang. Dikembangkan bersama perusahaan desain Italia, Italdesign, mobil yang diberi nama Pop.Up ini didesain untuk digunakan di perkotaan.

Pop.Up terdiri dari tiga bagian, yakni sasis dan roda, kabin penumpang, dan baling-baling, seperti layaknya drone. Jika digunakan di darat, baling-balingnya tidak akan menyatu dengan mobil.

Namun jika digunakan terbang, baling-baling akan dipasang untuk mengangkat mobil. Pop.Up bisa menampung dua orang. Namun mobil ini didesain untuk disewakan, bukan untuk penggunaan pribadi.

Advertisement

Airbus Pop.Up. (Istimewa/Cnet)

Begitu selesai digunakan oleh konsumen, Pop.Up akan beristirahat untuk men-charge baterai, Maklum, mobil berpenampilan futuristis ini beroperasi menggunakan tenaga listrik. “Saat ini mobil merupakan bagian dari ekosistem yang lebih luas.

Jika ingin membuat mobil perkotaan untuk masa depan, maka Anda tidak bisa menggunakan desain konsep mobil konvensional sebagai solusi di perkotaan. Anda juga harus berpikir mengenai infrastruktur cerdas dan berkelanjutan, aplikasi, integrasi, energi, perencanaan perkotaan, dan aspek sosial,” papar CEO Italdesign, Jorg Astalosch.

Advertisement

Airbus Pop.Up. (Istimewa/Propaganda/David Rawcliffe)

i masa depan, lanjut dia, moda transportasi akan naik level di mana satu sama lain akan saling berbagi atau sistem penyewaan melalui aplikasi. Mobil-mobil juga saling terhubung satu sama lain dan dapat melaju secara otonom. Hal itu juga yang diterapkan pada Pop.Up. Begitu kendaraan dipesan, Pop.Up akan mengunci lokasi tujuan pengguna jasa. Namun, mobil terbang ini baru akan hadir paling cepat pada 2027.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif