Jogja
Rabu, 8 Maret 2017 - 05:20 WIB

PENGAMANAN WISATA : Posko SAR di Wediombo dan Krakal Perlu Perbaikan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pantai Krakal, Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Selasa (17/3/2015). (FOTO ISTIMEWA/Dok. SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul)

Pengamanan wisata di pantai di Gunungkidul kurang fasilitas yang layak

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Search and Rescue Satuan Perlindungan Masyarakat (SAR Satlinmas) Wilayah I dan II Gunungkidul  telah mengajukan anggaran untuk melakukan rehabilitasi bangunan posko SAR di Pantai Wediombo dan Pantai Krakal.

Advertisement

Namun pengajuaan anggaran di Satpol PP DIY terhambat karena mendapatkan teguran dari tim anggaran, sebab pengadaan anggaran dinilai tidak jelas.

Padahal rehabilitasi posko SAR di dua pantai tersebut dirasa sangat diperlukan. Pasalnya dua pantai tersebut memiliki jumlah kunjungan yang semakin meningkat. “Pantainya cantik, pengunjungnya banyak tapi posko penjagaanya kurang layak, kan ya kurang etis,” ujar Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, Marjono, Senin (6/3/2017).

Sementara itu, Kasi Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul juga mengakui jika saat ini masih kekurangan personil SAR. Idealnya, kata dia setiap pantai dijaga oleh 25 personel tim SAR dan bertugas dengan pembagian waktu. Mereka bertugas secara begiliran sehingga membutuhkan personel yang cukup.

Advertisement

Namun faktanya hingga kini belum semua ada personel SAR di setiap pantai. Kendati demikian, menurut dia, merekrut anggota SAR tidak mudah karena harus memiliki dasar kemampuan penyelamatan dan keberanian.

Selain itu, harus siap tidak memikirkan upah karena bersifat sukarela. “Untuk penambahan personel akan dikaji terlebih dahulu karena menyangkut juga kesiapan SDM,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif