News
Rabu, 8 Maret 2017 - 12:10 WIB

Kapal Induk Tertua di Dunia Ini Akhirnya Dipensiunkan

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kapal induk INS Viraat. (Ndtv.com)

Angkatan Laut India memensiunkan kapal induk tertua di dunia.

Solopos.com, MUMBAI – Angkatan Laut (AL) India resmi mengakhiri tugas kapal induk tertua di dunia, INS Viraat. Kapal tersebut telah membantu tugas AL India selama 36 tahun. Sebelumnya, kapal milik Inggris itu telah dipakai selama dua dekade.

Advertisement

Kapal INS Viraat kali berlayar pada 1959. Sampai saat ini, usia kapal tersebut telah mencapai 56 tahun. Kapal tersebut dipensiunkan karena dinilai telah terlalu tua.

“Kami membeli kapal ini dari Inggris. Pada awalnya, kami hanya akan menggunakannya selama lima tahun. Namun, ketangguhan kapal ini membuat kami tetap mempertahankannya sampai 30 tahun,” tutur salah seorang petinggi AL India, Laksamana Sunil Lanba, seperti dikabarkan Indian Express, Senin (6/3/2017).

Dilansir Times, selama bertugas, kapal itu pernah mengangkut sejumlah perlengkapan perang. Sampai saat ini, kapal tersebut diperkirakan telah berlayar sejauh 588.288 mil, setara dengan 27 kali perjalanan keliling dunia. Selain itu, kapal tersebut juga berhasil memecahkan rekor dunia sebagai kapal perang tertua di dunia.

Advertisement

Setelah dinonaktifkan, belum ada keputusan pasti tengtang nasib kapal tersebut. Kabarnya, pemerintah setempat akan menjadikan kapal yang dilengkapi enam jet tempur ini sebagai museum. Salah satu operasi militer paling dikenang yang pernah dilakukan INS Viraat adalah perang Falkland dan Operasi Jupiter setelah putusnya kesepatakan India-Sri Lanka pada Juli 1989.

Setelah pensiun belum jelas nasib kapal bersejarah itu. Kapal ini bisa difungsikan sebagai museum atau hotel. Namun, ada pula kabar yang menyebut kapal tersebut telah dibeli oleh pihak swasta untuk dijadikan hotel.

Kendati demikian, belum diketahui secara pasti bagaimana nasib kapal induk tertua itu di masa depan. Namun, jika dalam empat bulan tak ada pihak ketiga yang mau membeli kapal ini maka INS Viraat akan dibongkar.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif