Jogja
Rabu, 8 Maret 2017 - 12:20 WIB

BANDARA KULONPROGO : AP I Prediksi Butuhkan Lebih dari 10.000 Tenaga Kerja

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Bandara Kulonprogo diprediksi akan membutuhkan lebih dari 10.000 tenaga kerja

Harianjogja.com, JOGJA-– Project Manager Kantor Proyek Pembangunan Bandara NYIA PT Angkasa Pura I, Sujiastono memperkirakan kebutuhan tenaga kerja dalam tahapan pra pengoperasian New Yogyakarta International Airport (NYIA) Kulonprogo akan melebihi 10.000 orang tenaga kerja.

Advertisement

“Sebagai contoh, untuk  operasional pembangunan terminal di Balikpapan saja bisa mencapai 10.000 orang. Apalagi ini kita akan membangun lebih dari terminal,” kata Sujiastono, Selasa (7/3/2017) malam.

Menurutnya, jumlah 10.000 itu diperkirakan masih akan bertambah dikarenakan pembangunan dilakukan mulai dari nol. Juga saat bandara telah beroperasi tentunya akan melebihi itu.

“Kalau ini kan kita membangun terminal, run way, dan segala macamnya, saya bayangkan bisa membutuhkan lebih dari 10.000 orang,” kata dia.

Advertisement

Sementara, Didik Catur Humas Proyek Pembangunan Bandara NYIA PT AP I mengakui bahwa pra pengoperasian memang membutuhkan banyak tenaga kerja. Namun dirinya belum dapat memprediksi secara pasti terkait jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan.

“Yang jelas dalam proses percepatan memang membutuhkan banyak tenaga kerja. Karena diprediksi Maret 2019 harus selesai,” kata dia.

Terkait persiapan penyerapan tenaga kerja, Sebelumnya Pemda DIY melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigras (Disnakertrans) DIY merencanakan akan menggenjot pelatihan untuk menyiapan tenaga kerja.

Advertisement

Didik mengatakan bahwa Angkasa Pura pun sudah mulai merintis untuk pelatihan tenaga kerja.

“Pelatihan sudah beberapa kali kami lakukan untuk mendidik warga menjadi tenaga kerja,” kata dia.

Pelatihan yang telah berlangsung tersebut diberikan langsung oleh pihak kantor cabang seperti pelatihan menjadi montir, juga pelatihan mengenai tenaga pengamanan. Angkasapura pun nanti akan bekerjasama dengan Pemda terkait pelatihan apasaja yang akan diadakan

“Pastinya, nanti akan melibatkan warga setempat,” pungkasnya.

Advertisement
Kata Kunci : BANDARA KULONPROGO
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif