Soloraya
Selasa, 7 Maret 2017 - 17:15 WIB

Diduga Korsleting, Trafo PLN di Timuran Solo Meledak

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas PLN APJ Surakarta mengecek trafo listrik yang terbakar di Timuran, Banjarsari, Solo, Selasa (7/3/2017). (Muhammd Ismail/JIBI/Solopos)

Trafo jaringan listrik di Kelurahan Timuran, Solo, meledak diduga karena korsleting.

Solopos.com, SOLO — Trafo jaringan listrik milik PT PLN di Jl. Aster, Kampung Temenggungan RT 002/RW 001, Kelurahan Timuran, Banjarsari, Solo, meledak dan terbakar, Selasa (7/3/2017).

Advertisement

Informasi dihimpun Solopos.com, trafo itu meledak sekitar pukul 11.45 WIB. Warga mendengarkan suara ledakan keras di jalan kampung. Warga panik keluar rumah mencari sumber ledakan dan mendapati percikan api disertai asap hitam tebal membumbung tinggi.

Mendapati kejadian itu warga langsung menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) di Kota Barat. Saksi mata, Agus, mengatakan api membesar setelah membakar kabel listrik. Dua unit mobil damkar tiba di lokasi kejadian untuk memadamkan api.

Namun, karena lokasi kejadian berada di perkampungan padat penduduk dan gang sempit, mobil damkar tidak dapat masuk ke lokasi. “Kami menyarankan petugas damkar naik ke lantai II rumah warga untuk memadamkan api. Api dapat dipadamkan menggunakan APAR [alat pemadam api ringan],” ujar Agus kepada Solopos.com, Selasa.

Advertisement

Menurut Agus, api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 12.15 WIB. Sebelum trafo terbakar listrik di Kampung Tumenggungan kerap padam. Sementara itu, petugas PLN APJ Surakarta, Hardiman, mengatakan penyebab kebakaran diduga korsleting. Api sudah bisa dipadamkan dan petugas langsung memperbaiki trafo agar listrik kembali menyala.

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif