News
Sabtu, 25 Februari 2017 - 12:00 WIB

TAHUKAH ANDA? : Begini Perkembangan Fashion Batik

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kemeja batik (Tokosolopos.com)

Tahukah Anda kali ini tentang perkembangan busana batik di dunia fashion.

Solopos.com, SOLO – Batik merupakan salah satu unsur kebudayaan khas Indonesia yang telah mendunia. Batik merupakan kain yang dibuat dengan teknik khusus sehingga menghasilkan corak yang unik. Saking terkenalnya, batik bahkan telah ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO).

Advertisement

Batik yang bagi sebagian orang dianggap sebagai kain kuno, justru dianggap sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non-bendawi alias masterpieces of the oral and intangible heritage of humanity, sejak 2 Oktober 2009. Prestasi tersebut kemudian membuka mata para pengrajin batik untuk terus melestarikan dan melakukan inovasi terhadap pembuatan kain batik.

Hasilnya, seiring dengan perkembangan zaman, kain batik yang kental dengan nuansa tradisi ini tampil lebih modern. Bahkan, berkat tangan dingin para desainer, kini busana dari kain batik kian digemari seluruh lapisan masyarakat. Sebab, model dan corak yang kian modern membuat busana batik menjadi pilihan untuk dikenakan di berbagai kesempatan.

Bahkan, batik semakin mendunia seiring dengan perkembangan fashion. Bukan hanya dipamerkan dalam peragaan busana lokal, busana batik juga telah menghiasi beberapa peragaan busana internasional, seperti International Batik Fashion Show yang pernah digelar di Amerika Serikat dan Prancis.

Advertisement

Sebab, tak dapat dipungkiri, sejak diakui UNESCO sebagai warisan budaya, para desainer lokal maupun manca negara mulai mempertimbangkan batik sebagai salah satu ikon fashion terkini. Para desainer itu mencoba memperkenalkan batik modern dengan desain yang memesona dan memikat mata dunia.

Berbagai busana modern tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu busana favorit yang digandrungi masyarakat, sebagai upaya untuk melestarikan budaya Indonesia. Saat ini, busana batik dapat dijumpai dengan mudah di berbagai mal maupun toko online, salah satunya Tokosolopos.com.

Toko oleh-oleh khas Solo ini memiliki koleksi fashion batik terlengkap, mulai dari kain, kemeja, gaun, blus, dan berbagai aksesori lain yang siap membuat penampilan semakin menawan. Semua produk batik yang ada di Tokosolopos.com tentu merupakan model terbaru yang sedang hits di dunia fashion.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif