Jateng
Kamis, 23 Februari 2017 - 01:50 WIB

Pemprov Jateng Revitalisasi Pabrik Gula Jadul

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pabrik gula (Farid Syafrodhi/JIBI/Solopos)

Pemprov Jateng berencana mendesain ulang pabrik gula yang dianggap kelewat jadul.

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berencana merevitalisasi seluruh pabrik gula sebagai salah satu upaya mendukung dan mewujudkan swasembada gula. Pabrik-pabrik gula yang kelewat ketinggalan zaman alias jadul bakal didesain ulang.

Advertisement

“Nanti akan ada desain ulang pabrik tebu yang ada di Jateng karena selain kondisi bangunan pabrik yang jadul, mesinnya juga jelek dimakan usia,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Rabu (22/2/2017).

Menurut dia, revitalisasi pabrik gula yang juga bertujuan meningkatkan produktivitas gula berkualitas itu perlu dilakukan karena kondisi hampir semua pabrik termasuk mesin penggiling tebu di Jateng sudah tua. “Padahal selain kualitas tanaman, kondisi pabrik maupun mesin juga mempengaruhi posisi rendemen atau kadar kandungan gula dalam batang tebu,” ujarnya.

Ganjar menjelaskan bahwa PT. Perkebunan Negara sedang berusaha keras memetakan ulang suplai dan meningkatkan kualitas tebu. Produktivitas tebu bisa meningkat, kata dia, asal ada penambahan lahan melalui kerja sama dengan Perhutani, serta ada data petani yang akurat.

Advertisement

“Selama ini data yang menjadi rujukan memakai perkiraan termasuk menyangkut luasan lahan dan jumlah petani, seharusnya datanya lengkap, terutama terkait luas lahan yang ditanami tebu serta kelompok tani lengkap dengan nama dan alamat anggotanya,” katanya.

Ganjar Pranowo menyebutkan, jika data yang ada tidak akurat maka akan merepotkan dan mengakibatkan bantuan yang diberikan tidak tepat sasaran. “Data petani sangat penting karena tebu merupakan komoditas potensial dan dahsyat untuk Jateng,” ujar politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif