Jateng
Rabu, 22 Februari 2017 - 20:50 WIB

PILKADA SALATIGA : Rekapitulasi Tingkat Kota Rampung, Yuliyanto-Haris Tetap Unggul

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi hasil penghitungan suara Pilkada Kota Salatiga 2017. (pilkada2017.kpu.go.id)

Pilkada Salatiga telah merampungkan tahap rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kota oleh KPU.

Logo Ganesa, maskot Pilkada Kota Salatiga 2017. (kpu-salatiga.go.id)

Advertisement

Semarangpos.com, SALATIGA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga telah menyelesaikan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2017 tingkat kota.

Dalam rekapitulasi yang digelar KPU di Gedung Dinas Perkebunan Salatiga, Sidomukti, Kota Salatiga, Rabu (22/2/2017) itu, hasilnya tak berbeda dengan yang digelar empat panitia pemilihan kecamatan (PPK) di tingkat kecamatan, Kamis (16/2/2017).

Dalam rekapitulasi hasil penghitungan suara yang dilakukan KPU itu, pasangan calon (paslon) kepala daerah Salatiga nomor 2, Yuliyanto-Muh. Haris (Yaris) dinyatakan unggul dengan jumlah dukungan 53.052 suara. Jumlah suara yang diperoleh Yaris itu unggul tipis dari dukungan yang diperoleh paslon nomor 1, Agus Rudianto-Dance Ishkak Palit (Rudal), yakni 52.060 suara.

Advertisement

Seperti halnya rekapitulasi di tingkat kecamatan, di tingkat kota ini saksi dari paslon nomor 1 juga tak mau menandatangani berita acara. Mereka tak setuju dengan rekapitulasi hasil penghitungan suara yang dilakukan KPU yang menempatkan pasangannya kalah dengan selisih 992 suara atau sekitar 0,94% dari total jumlah suara sah yang masuk, yakni 105.112 suara.

“Kami memberikan kesempatan kepada kubu paslon nomor urut 2 untuk mengajukan gugatan [ke MK] jika tidak terima dengan hasil ini. Kami beri waktu 3 x 24 jam untuk mengajukan gugatannya,” ujar Ketua KPU Salatiga, Putnawati, saat dihubungi Semarangpos.com, Rabu petang.

Perempuan yang akrab disapa Puput ini menambahkan, jika tidak ada gugatan maka paslon nomor 2, Yaris, akan dinyatakan sebagai pemenang. Penetapan calon terpilih pada Pilkada Salatiga 2017 akan digelar di antara Rabu-Jumat (8-10/3/2017). “Tapi kalau ada gugatan, maka nanti MK yang akan memutuskan waktu penetapannya,” imbuh Puput.

Advertisement

Pelaksanan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada Salatiga tingkat kota ini berlangsung lancar. Bentrok antara kedua kubu yang dikhawatirkan akan muncul selama proses rekapitulasi itu tak terjadi. Meski demikian, proses rekapitulasi berlangsung cukup alot. Hal ini dikarenakan saksi dari kubu Rudal kerap melakukan interupsi maupun protes.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif