News
Rabu, 22 Februari 2017 - 18:06 WIB

2 Bulan Kapal Ternak Jokowi Mandek, 191 Sapi "Parkir" di NTT

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi sapi (JIBI/Antara//Fikri Yusuf)

Sudah 2 bulan kapal sapi Jokowi mandek beroperasi. Akibatnya, 191 sapi yang seharusnya dikirim ke Jakarta terpaksa “diparkir” di NTT.

Solopos.com, JAKARTA — Direktur Utama PD Dharma Jaya Marina Ratna Dwi Kusumajati mengatakan masih mengalami kendala distribusi terkait pengiriman sapi dari daerah produsen ke Ibu Kota. Pasalnya, pengangkutan menggunakan kapal ternak KM Camara Nusantara I sudah berhenti.

Advertisement

“Program kapal sapi sudah dua bulan ini enggak jalan. Sapi-sapi kami [masih ada di Nusa Tenggara Timur] menunggu untuk diangkut,” katanya kepada Bisnis/JIBI, Rabu (22/2/2017).

Dia mengaku sudah menanyakan perihal pemberhentian program kapal sapi tersebut kepada pemerintah pusat. Marina mendapatkan informasi bahwa Kementerian Pertanian masih menyiapkan pelaksanaan lelang terkait pihak yang akan mengoperasikan KM Camara Nusantara I tersebut.

Padahal, saat program tersebut diluncurkan awal tahun lalu, Kementerian Perhubungan telah menyiapkan subsidi Rp8 miliar. Dana itu disalurkan melalui PT Pelni sebagai operator kapal ternak. “Saya juga bingung kenapa mesti lelang lagi. Padahal bisa PT Pelni yang mengoperasikan,” jelasnya.

Advertisement

Gara-gara hal ini, sebanyak 191 ekor sapi yang sudah dibeli oleh PD Dharma Jaya dari peternak sapi NTT harus “diparkir” di sana. Meski demikian, dia memastikan sapi-sapi tersebut dalam keadaan sehat dan dipelihara dengan baik agar dapat segera dikirim ke Ibu Kota.

Selain masalah distribusi, dia mengaku belum mendapat izin kuota untuk mengirimkan sapi dari NTT. Izin tersebut seharusnya dikeluarkan oleh kepala daerah melalui Dinas Peternakan setempat.

“Sekarang masalahnya ada dua, yaitu soal tidak beroperasinya kapal dan perizinan yang tak kunjung selesai. Kami tidak bisa melakukan apa-apa sampai otoritas yang lebih tinggi turun tangan,” katanya.

Advertisement

Program pengiriman ternak dari NTT menuju Jakarta menggunakan kapal KM Cemara Nusantara I diinisiasi oleh Presiden Joko Widodo tahun lalu. Program ini bertujuan untuk memangkas rumitnya mata rantai pasokan sapi dari daerah produsen ke Ibu Kota yang menyebabkan mahalnya harga daging sapi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif