News
Selasa, 21 Februari 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 21 Februari

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Mesir, Gamal Abdel-Nasser (duduk, kanan) dan Presiden Suriah, Shukri al-Quwatli menandatangani piagam penyatuan kedua negara menjadi Republik Persatuan Arab (RPA). (en.wikipedia.org)

Catatan peristiwa dunia yang terjadi pada 21 Februari ini layak Anda simak.

Solopos.com, SOLO – Terjadi beragam peristiwa penting dan bersejarah di berbagai penjuru dunia pada tanggal 21 Februari dari tahun ke tahun. Dihimpun dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com merangkumnya dalam catatan peristiwa dunia hari ini:

Advertisement

1543
Pasukan gabungan Etiopia dan Portugis menyerang pasukan Adal-Ottoman pimpinan Ahmad bin Ibrahim Al Ghazi yang menduduki kawasan timur Danau Tana, Etiopia. Dalam pertempuran yang lantas dikenang dengan sebutan Pertempuran Wayna Daga itu. pasukan gabungan Etiopia dan Portugis berhasil menang. Pertempuran itu dilatarbelakangi Portugis yang ingin membalas dendam karena sejumlah tentara Adal-Ottoman yang dipimpin Ahmad bin Ibrahim Al Ghazi telah menyerang pasukan ekspedisi Portugis dan menjarah senjata.

1808
Tanpa mendeklarasikan perang sebelumnya, pasukan Kekaisaran Rusia menerobos wilayah Swedia dan menuju Finlandia yang kala itu masih menjadi milik Swedia. Tindakan Rusia itu menjadi sebab terjadinya Perang Finlandia yang akhirnya dimenangi Rusia. Swedia pun harus merelakan Finlandia menjadi milik Rusia sebelum akhirnya merdeka menjadi negara yang berdiri sendiri pada 1917.

Advertisement

1808
Tanpa mendeklarasikan perang sebelumnya, pasukan Kekaisaran Rusia menerobos wilayah Swedia dan menuju Finlandia yang kala itu masih menjadi milik Swedia. Tindakan Rusia itu menjadi sebab terjadinya Perang Finlandia yang akhirnya dimenangi Rusia. Swedia pun harus merelakan Finlandia menjadi milik Rusia sebelum akhirnya merdeka menjadi negara yang berdiri sendiri pada 1917.

1945
Serangan kamikaze yang dilancarkan Jepang menggunakan pesawat tempur berhasil menenggelamkan kapal perang milik Amerika Serikat (AS), USS Bismarck Sea, dalam pertempuran di Iwo Jima, sebelah selatan Jepang. Serangan tersebut juga membuat kapal lain milik AS, USS Saratoga, rusak parah.

1952
Para demonstran di Dhaka, Bangladesh—yang dulu masih bernama Provinsi Pakistan Timur di bawah kekuasaan Pakistan—yang menuntut bahasa Bengali menjadi bahasa resmi Pakistan ditembaki hingga tewas oleh polisi. Sebelumnya, Bangladesh yang bernama Benggala adalah kawasan yang masuk wilayah India. Namun wilayah timur Benggali kemudian menjadi milik Pakistan dan menjadi provinsi Pakistan Timur sebelum merdeka menjadi negara yang berdiri sendiri dengan nama Bangladesh pada 1971.

Advertisement

1958
Mesir dan Suriah resmi mendirikan negara gabungan yang diberi nama Republik Persatuan Arab (RPA). Rakyat kedua negara juga memilih Gamal Abdul Naser sebagai presiden negara gabungan yang baru didirikan tersebut. Beberapa waktu kemudian, Yaman juga ikut serta dalam RPA. Namun, RPA hanya bertahan tiga tahun dan bubar pada 1961.

1971
Tornado melanda Amerika Serikat (AS) bagian selatan menewaskan 73 orang, 68 korban di Mississippi dan lima lainnya di Louisiana. Angin berpusar dengan bentuk spiral disertai turunnya gumpalan awan yang berbentuk corong itu juga memorak-porandakan bangunan-bangunan di Texas meskipun tak sampai menelan korban jiwa.

Richard Nixon (Biografiasyvidas.com)

Advertisement

1972
Presiden ke-36 Amerika Serikat (AS) Richard Nixon tiba di Tiongkok untuk kali pertama. Kedatangannya itu bertujuan untuk mengakhiri hubungan buruk kedua negara yang berlangsung selama 20 tahun. Selama sepekan, Presiden Nixon menghadiri sejumlah agenda penting di Tiongkok.

2008
Sebuah satelit mata-mata di langit Hawaii ditembak jatuh oleh tentara Amerika Serikat meggunakan peluru kendali (rudal). Pihak militer AS menyatakan penembakan satelit mata-mata yang tak diketahui pemiliknya itu sebagai bukti bahwa sistem pertahanan di Negeri Paman Sam bekerja dengan baik.

2011
Mesir kembali membuka beberapa museum setelah ditutup untuk waktu yang cukup lama karena terjadinya demonstrasi di beberapa daerah menuntut pengunduran diri presiden Mesir kala itu, Hosni Mubarak. Museum sejatinya adalah salah satu sumber pendapatan terbesar di negara itu.

Advertisement

Argyle Pink Jubilee (Anggas.net)

2012
Seorang penambang di East Kimberly, Australia menemukan berlian merah muda 12,16 karat dan menjadi berlian merah muda terbesar yang pernah ditemukan hingga kini. Berlian merah muda bernilai jutaan dolar Australia itu diberi nama Argyle Pink Jubilee dan kini ditempatkan di Museum Victoria, Australia. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif