News
Senin, 20 Februari 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 20 Februari

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Liga Primer Inggris (Creativereview.com)

Sejumlah peristiwa penting dan bersejarah pada 20 Februari terangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini.

Solopos.com, SOLO – Berbagai macam kejadian bersejarah terjadi pada hari ke-51 dalam sistem kalender Gregorian, 20 Februari. Dirangkum Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, berikut sejumlah peristiwa tersebut:

Advertisement

Lukisan Edward VI karya William Scots, 1550. (Wikipedia.org)

1547
Edward VI dinobatkan sebagai pemimpin Kerajaan Inggris Raya pada usianya yang baru menginjak sembilan tahun untuk menggantikan ayahnya, Henry VIII. Edward VI adalah raja ketiga dari Dinasti Tudor dan pemimpin Inggris Raya pertama yang beragama Kristen Protestan.

Advertisement

1547
Edward VI dinobatkan sebagai pemimpin Kerajaan Inggris Raya pada usianya yang baru menginjak sembilan tahun untuk menggantikan ayahnya, Henry VIII. Edward VI adalah raja ketiga dari Dinasti Tudor dan pemimpin Inggris Raya pertama yang beragama Kristen Protestan.

1813
Pasukan pejuang kemerdekaan Argentina yang dipimpin Manuel Belgrano mengalahkan pasukan Peru pimpinan Juan Pio de Tristan dalam Pertempuran Salta. Juan Pio de Tristan adalah pangeran Spanyol yang pada saat itu menguasai Peru bagian selatan.

1938
Anthony Eden mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menteri luar negeri Inggris karena menentang kebijakan yang diambil perdana menteri Inggris kala itu, Neville Chamberlain. Salah satu kebijakan yang ditentang Eden kala itu adalah rencana Inggris untuk bekerja sama dengan Italia.

Advertisement

Kurt Cobain (Billboard.com)

1967
Kurt Cobain lahir di Aberdeen, Skotlandia. Ia kelak dikenal sebagai vokalis, gitaris, dan penulis lagu dalam grup band beraliran grunge, Nirvana. Cobain meninggal saat ia sedang berada di puncak kariernya dan di umur yang masih muda, yakni 27 tahun.

1985
Irlandia Utara melegalkan perdagangan alat kontrasepsi. Sebelumnya, alat kontrasepsi tak boleh diperdagangkan di Irlandia Utara karena dianggap berlawanan dengan ajaran Katolik yang dianut sebagian besar warganya.

Advertisement

1991
Patung mantan pemimpin Albania, Enver Hoxha, yang berukuran sangat besar dan terletak di ibu kota Albania, Tirana, dihancurkan oleh para demonstran. Enver Hoxha adalah pemimpin Albania yang menjabat dari 1941 hingga akhir hayatnya pada 1985.

Logo Liga Primer Inggris (Creativereview.com)

1992
Asosiasi Sepak Bola Inggris atau Football Association (FA) membentuk format baru untuk kompetisi sepak bola kasta teratas di Inggris dengan nama FA Premier League—yang sekarang dikenal dengan nama English Premier League atau Liga Primer Inggis—dengan jumlah anggota sebanyak 22 klub. Sebelumnya, kompetisi sepak bola kasta teratas di Inggris bernama Liga Sepak Bola Divisi Pertama.

Advertisement

2003
Sebanyak 100 orang tewas dan lebih dari 200 orang luka-luka dalam kebakaran di sebuah kelab malam di Rhode Island, Amerika Serikat (AS) yang sedang menggelar konser musik rok. Kebakaran itu diduga disebabkan kembang api yang dinyalakan dan menyambar busa peredam suara pada atap gedung.

2014
Puluhan demonstran di Kiev, Ukraina yang menuntut Presiden Viktor Yanukovych untuk mengundurkan diri tewas tertembak. Pulahan demonstran itu dikabarkan ditembak oleh penembak jitu jarak jauh atau yang disebut penembak runduk dari pasukan militer Ukraina. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif