Soloraya
Minggu, 19 Februari 2017 - 12:30 WIB

WISATA WONOGIRI : Bekas Pemandian Kerabat Keraton di Eromoko Dikembangkan Jadi Objek Wisata

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah remaja berenang di Umbul Sumber Eromoko, Kecamatan Eromoko, belum lama ini. (Rudi Hartono/JIBI/Solopos)   

Wisata Wonogiri, Kecamatan Eromoko bakal memiliki objek wisata baru.

Solopos.com, WONOGIRI — Pemerintah Desa Eromoko, Kecamatan Eromoko, Wonogiri, berencana menjadikan Umbul Sumber Eromoko sebagai objek wisata desa. Bekas tempat pemandian kerabat Keraton Solo itu selalu ramai didatangi pengunjung sebagai tempat pemandian.

Advertisement

Pantauan Solopos.com, belum lama ini, umbul itu hanya berjarak beberapa ratus meter dari Kantor Desa Eromoko. Sejumlah remaja mandi bersama di umbul tersebut.

Umbul dibangun sedemikian rupa. Terdapat dua lokasi cekungan yang terisi air. Airnya bening berwarna kebiruan. Informasi yang diperoleh Solopos.com, kedalamannya lebih dari dua meter.

Advertisement

Umbul dibangun sedemikian rupa. Terdapat dua lokasi cekungan yang terisi air. Airnya bening berwarna kebiruan. Informasi yang diperoleh Solopos.com, kedalamannya lebih dari dua meter.

Kepala Desa Eromoko, Widiyatno, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Kamis (16/2/2017), menyampaikan saat ini sedang berupaya menyertifikatkan lahan umbul. Upaya itu sebagai langkah awal menjadikan umbul terseut sebagai tempat wisata.

Rencananya tempat wisata dikelola Badan Usaha Milik (BUM) Desa. Langkah menjadikannya sebagai objek wisata merupakan dorongan warga. Lalu pemerintah desa menyepakatinya.

Advertisement

Saat ini umbul itu lebih representatif setelah beberapa tokoh masyarakat yang peduli menata lokasi sekitar umbul pada 2016 lalu. Selain digunakan untuk bermain dan tempat pemandian, umbul itu juga dimanfaatkan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Wonogiri sebagai sumber air bersih dan untuk memenuhi kebutuhan air bagi 400-an keluarga di Desa Eromoko dan Kelurahan Puloharjo.

Pemanfaatannya dibagi dua mengingat lokasi berada di perbatasan. “Tahun ini kemungkinan penyertifikatan lahan selesai,” kata Kades.

Dia menginformasikan umbul itu berada di dua bidang tanah. Luas total mencapai lebih dari 0,5 hektare (ha) atau 5.000 meter persegi. Sebagian besar lahan berada wilayah Desa Eromoko, selebihnya masuk Kelurahan Puloharjo.

Advertisement

Di umbul itu terdapat sejumlah sumber mata air yang cukup besar. Sejak dulu hingga sekarang air tak pernah kering. Eloknya lagi, airnya bening dan sangat segar.

Terpisah, warga yang sejak kecil hingga dewasa tinggal di dekat umbul, Joko Wuryanto, mendukung dijadikannya Umbul Sumber Eromoko sebagai objek wisata. Menurut lelaki yang kini tinggal di Kecamatan Wonogiri itu umbul tempatnya bermain semasa kecil dan remaja dulu sangat potensial mendatangkan pemasukan.

Jika dijadikan lokasi wisata, Joko meyakini keberadaan umbul akan meningkatkan perekonomian warga. “Kalau ke rumah orang tua, saya selalu luangkan waktu ke Umbul Sumber. Indah sekali umbulnya itu,” kata dia.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif