Soloraya
Minggu, 19 Februari 2017 - 09:10 WIB

WISATA KARANGANYAR : Wonorejo Terus Bersolek Menuju Desa Wisata Alam

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemuda karang taruna Wonorejo, Jatiyoso, Karanganyar, menyurvei dan menyiapkan wahana wisata keceh ndesa atau tubing di Sungai Walikan yang melewati wilayah mereka, Rabu (15/2/2017). (JIBI/Solopos/Istimewa)

Wisata Karanganyar, pemuda Desa Wonorejo sedang menyiapkan wahana wisata alam.

Solopos.com, KARANGANYAR — Desa Wonorejo, Jatiyoso, Karanganyar, terus bersolek untuk mewujudkan cita-cita menjadi desa wisata di Bumi Intanpari. Keelokan alam Gunung Lawu jadi modal utama.

Advertisement

Setelah sukses menarik perhatian publik dunia maya dengan kreasi rumah pohon di ketinggian sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut (MDPL) di Dusun Puntuksari dan Gondang, belakangan warga Wonorejo terus merintis destinasi-destinasi wisata lainnya.

Beberapa wahana wisata baru yang disiapkan yaitu hiking jalur pendakian menuju air terjun Ndas Londo, dan Tubing Keceh Ndesa di Sungai Walikan yang berair jernih nan dingin. Tak ketinggalan wahana untuk memacu adrenalin yakni mengendarai ATV di sirkuit mini.

“Kami terus berbenah. Pemuda-pemudi karang taruna terus bergerak untuk menambah wahana-wahana wisata menarik lainnya,” tutur Kepala Desa (Kades) Wonorejo, Sudrajat, saat dihubungi Solopos.com melalui ponsel, Jumat (17/2/2017).

Advertisement

Sudrajat menjelaskan jalur keceh ndesa terus disterilkan agar benar-benar siap saat launching awal Maret 2017. Wahana tubing tersebut rencananya dibagi menjadi tiga paket wisata. Selain paket untuk dewasa, ada juga paket keluarga yang aman untuk anak-anak.

“Sedang terus diuji coba dan sterilisasi jalur sembari melengkapi peralatannya,” kata dia.

Sudrajat mengatakan berbagai wahana wisata yang disiapkan itu hasil kerja keras dan kekompakan pemuda-pemudi setempat yang tergabung dalam karang taruna. Pemdes Wonorejo terlibat dalam prosesnya sebagai mitra dialog dan konsultasi.

Advertisement

Tapi Pemdes Wonorejo berencana terlibat langsung dalam bentuk pemberian bantuan keuangan. Bantuan itu untuk membangun fasilitas-fasilitas penunjang wahana wisatanya.

“Target kami tahun depan Wonorejo sudah bisa kami launching sebagai desa wisata dengan ngaturi Pak Bupati maupun Pak Wabup. Kami tidak tergesa-gesa dalam hal ini. Yang jelas saat ini warga terus bekerja keras merintis berbagai potensi yang ada,” sambung dia.

Terpisah, Wakil Bupati (Wabup) Karanganyar, Rohadi Widodo, mengapresiasi semangat dan kekompakan pemuda karang taruna Wonorejo untuk membuat wahana-wahana wisata. Dia juga menyatakan kesiapannya membantu pengembangan wisata tersebut.

Rohadi menjelaskan inisiatif dari masyarakat dibutuhkan untuk mendorong akselerasi pembangunan. “Ini adalah aset kita yang harus bisa kita kemas semenarik mungkin untuk menarik pengunjung. Kalau tidak kita yang memulai, siapa lagi?” terang dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif