Teknologi
Sabtu, 18 Februari 2017 - 10:00 WIB

Ilmuwan Ingin Hidupkan Kembali Gajah Purba

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi gajah purba (BBC)

Ilmuwan berhasil menghidupkan kembali mamut atau gajah purba.

Solopos.com, SOLO – Berbagai spesies hewan di zaman purba telah punah. Ilmuwan ingin menghidupkan kembali gajah purba atau yang biasa disebuh mamut.

Advertisement

Melalui sistem editing, CRISPR Cas9 membujuk tim mengembangkan embrio tersebut menjadi janin. Seorang genetika dari Harvard University, Geotge Church, menuturkan tujuannya adalah menciptakan embrio dari gajah raksasa yang telah punah tersebut.

“Tujuan kami menghasilkan embrio ini sebenarnya ini, untuk menghasilkan yang lebih dari seekor gajah,” ungkapnya seperti dikutip Okezone dari laman Tech Times, Jumat (17/2/2017).

Sejak 2015, 45 DNA raksasa telah disuntikkan ke dalam genom gajah Asia. Sehingga nantinya mereka akan menghasilkan embrio yang hibrida. Selain itu, tim juga akan melakukan ex-vivo.

Advertisement

Sementara itu, status pada gajah Asia saat ini juga sudah semakin punah. Sehingga beberapa ahli coba memperingati hal tersebut. Bahkan, tidak etis menggunakan makhluk hidup sebagai pengganti embrio hibrida.

Seorang profesor zoologi, Matthew Cobb, menjelaskan mamut atau gajah purba menjadi hewan sosial, seperti halnya gajah Asia yang bisa meningkatkan kejutan bagaimana hibrida akan disambut oleh kerabat mereka nantinya. Peneliti lainnya juga khawatir dengan adanya upaya kepunahan tersebut yang bisa membahayakan inisiatif konservasi.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif