Soloraya
Rabu, 15 Februari 2017 - 04:10 WIB

PENDIDIKAN SRAGEN : Ketua DPRD Kritik SE Larangan Perayaan Hari Valentine

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi cokelat Valentine's Day (dramafever.com)

Pendidikan Sragen, kalangan legislator mengkritik SE larangan perayaan Valentine yang dikeluarkan Disdikbud Sragen.

Solopos.com, SRAGEN — Surat Edaran (SE) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sragen tentang larangan perayaan Hari Kasih Sayang atau Valentine Day dikritik Ketua DPRD Sragen Bambang Samekto. Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu menilai umat nonmuslim memiliki hak untuk merayakan hari itu.

Advertisement

Bambang mengatakan larangan itu sebaiknya diberikan sekaligus untuk pemahaman bahwa Valentine Day ada sejarahnya di gereja Katholik. Dia meminta larangan itu tidak untuk umat Katholik yang menyelenggarakan Valentine.

“Masyarakat kan terlanjur latah bahwa Hari Kasih Sayang itu identik diperingati dengan pacaran dan pesta. Bukan itu sebenarnya. Saran saya umat Katholik jangan dilarang menyelenggarakan Valentine Day karena itu hak mereka,” tulisnya dalam pesan singkat yang diterima Solopos.com lewat Whatsapp, Selasa (14/2/2017) sore.

Totok, sapaan akrabnya, sempat menjelaskan sejarah perayaan Hari Valentine dalam tradisi Gereja Katholik. Dia menyarankan untuk merayakan Hari Valentine dilakukan dengan cara orang tua berdoa bersama-sama dengan anak remaja mereka sebelum mengizinkan mereka pergi.

Advertisement

Selain itu, Totok menyampaikan memaknai Hari Valentine tidak terbatas pada pasangan remaja tetapi siapa pun bisa memberi tanda kasih, seperti kartu atau kado kepada orang-orang yang berjasa. “Seperti pembantu rumah tangga yang jadi sahabat setiap hari,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati menanggapi santai kritik dari Ketua DPRD Sragen itu. “Setiap kebijakan pasti ada pro dan kontra. Bila kebijakan itu lebih banyak manfaat daripada mudharatnya itulah yang diambil,” ujarnya singkat.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif