Soloraya
Jumat, 10 Februari 2017 - 10:25 WIB

5 Pejabat Klaten Dampingi Duta Lurik Ikuti Parade Chingay di Singapura

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kontingen duta lurik latihan di halaman Setda Klaten sebelum tampil di Parade Chingay Singapura, Jumat-Sabtu (10-11/2/2017). Foto diambil Minggu (5/2/2017). (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

Kontingen duta lurik Klaten tampil di parade Chingay Singapura.

Solopos.com, KLATEN – Lima pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten mendampingi kontingen duta lurik Kabupaten Bersinar ke Singapura, Rabu-Selasa (8-14/2/2017). Anggaran yang disiapkan untuk membiayai puluhan duta lurik dari Klaten saat memeriahkan Parade Chingay itu senilai Rp400 juta.

Advertisement

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Klaten Klaten, Joko Wiyono, mengatakan kelima pejabat yang mendampingi duta lurik Klaten berasal dari pejabat di Disbudparpora Klaten dan Camat Pedan, Rahayu Sri Wahyuni. Mereka mendampingi puluhan duta lurik selama pentas di Singapura.

“Jumlah total kontingen duta lurik itu ada 60 orang. Klaten mengirim 30 orang. Sisanya, berasal dari Solo. Sebanyak 30 orang dari Klaten itu yang memiliki keterkaitan dengan pementasan lurik itu sendiri [peserta parade]. Kebetulan, saat Klaten Lurik Karnival 2016 yang terbaik dari Pedan. Makanya, kami juga mengundang camat setempat. Empat pejabat lainnya berasal dari Disbudparpora,” kata Joko Wiyono, saat ditemui wartawan di Klaten Tengah, Kamis (9/2/2017).

Joko Wiyono mengatakan kontingen duta lurik Klaten menjadi tim utama atau cucuk lampah dari tim Indonesia yang tampil di Singapura. Berbagai persiapan sudah dilakukan menjelang kontingen berangkat ke Singapura.

Advertisement

“Kami sudah menunjukkan perform di hadapan Kedubes RI. Banyak yang puas dengan penampilan itu. Semoga, penampilan di Singapua tetap memuaskan bagi semuanya,” katanya.

Joko Wiyono mengatakan keikutsertaan lurik Klaten di Parade Chingay sekaligus menjadi ajang mempromosikan lurik ke masyarakat luar negeri. Di Singapura nanti, kontingen dari Klaten juga akan menyebar leaflet dan suvenir tentang lurik ke pengunjung.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan keikutsertaan lurik asal Klaten di ajang Parade Chingay Singapura atas permintaan Kementerian Pariwisata. “Ini kesempatan agar lurik dapat go internasional,” kata dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif