Entertainment
Kamis, 9 Februari 2017 - 10:00 WIB

Dinilai Tak Pantas, Pakistan Larang Penayangan Film Shah Rukh Khan

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Poster film Raees (Youtube)

Pakistan melarang penayangan film Raees.

Solopos.com, SOLO – Pakistan melarang penayangan film India, Raees di bioskop menyusul memanasnya hubungan dua negara tersebut. Pelarangan tersebut diungkap oleh lembaga sensor film setempat.

Advertisement

Film Raees merupakan salah satu film yang sangat dinantikan di Pakistan, negara berpenduduk 190 juta jiwa, di mana renteten nyanyian dan tarian kisah Bollywood yang sangat populer itu, menandai debut aktris Mahira Khan bersama lawan mainnya yang juga superstar film India, Shah Rukh Khan.

“Ya, sertifikat sensor tidak bisa diterbitkan untuk film Raees karena mengandung adegan tidak pantas,” kata Ketua Majelis Sensor Film Pakistan, Mubashir Hussain, kepada Kantor Berita Reuters sebagaimana dikutip Antara.

Saat ditanya kenapa film tersebut dilarang, Hussain menolak menjelaskannya, merujuk pada laporan surat kabar.

Advertisement

Harian berbahasa Inggris di Pakistan, Dawn, melaporkan adegan di film tersebut dapat “merusak ajaran Islam dan salah satu sekte keagamaan tertentu, (sementara juga) menggambarkan seorang muslim sebagai penjahat, seorang buronan dan teroris.”

Meskipun telah lama berseteru, Pakistan dan India memiliki kesamaan budaya yang mendalam sebelum mereka terpisah pada masa berakhirnya kekuasaan kolonial Inggris pada 1947.

Ketegangan meningkat setelah pasukan keamanan India melancarkan penggerebekan dalam unjuk rasa di Kashmir yang dikendalikan India pada Juli tahun lalu, menyusul tewasnya pemimpin separatis muda muslim di tangan pasukan keamanan tersebut.

Advertisement

Hubungan keduanya memburuk pada bulan September tahun lalu pada saat kelompok garis keras menyerang pangkalan militer di Kashmir yang dikontrol India hingga menewaskan 18 tentara. India menuding Pakistan di balik insiden serangan tersebut.

Islamabad menyanggah keterlibatan dalam serangan tersebut, namun hubungan diplomatik runtuh dan upaya New Delhi mengisolasi Pakistan di kancah dunia internasional memicu seruan di India agar ada larangan aktor dan aktris Pakistan terlibat dalam industri raksasa film Bollywood di negara itu.

Sejumlah gedung bioskop di Pakistan berhenti memutar film-film India selama 11 pekan sejak September lalu dan pembatasan pemerintah itu masih berlangsung untuk mencegah penyedia saluran televisi kabel India.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif