Lifestyle
Jumat, 3 Februari 2017 - 18:15 WIB

TIPS KECANTIKAN : Hindari 5 Kesalahan dalam Menata Rambut

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi rambut kering (woyoso.org)

Tips kecantikan ini terkait kesalahan yang sebaiknya dihindari dalam menata rambut.

Solopos.com, JAKARTA – Kesalahan dalam menata rambut bisa membuat mahkota Kaum Hawa itu rusak. Rambut yang semula hitam lebat bisa berubah menjadi kusam, kasar, bercabang, bahkan salah-salah bisa rontok tak keruan.

Advertisement

Penata rambut para selebritas Hollywood, Errol Douglas, seperti dilansir Dailymail, baru-baru ini, membagikan lima kesalahan perawatan rambut yang kerap terjadi.

1. Berlebihan “Memanaskan” Rambut

Advertisement

1. Berlebihan “Memanaskan” Rambut

Douglas mengakui tak realitistis bila sama sekali tak menggunakan alat pemanas rambut untuk mengeringkan rambut di cuaca yang cenderung dingin. Namun sebaiknya aturlah waktunya agar tak terlalu sering, sehingga tak mengganggu kesehatan rambut.

“Menurunkan suhu alat dan mengeringkan rambut Anda dengan pengaturan udara yang lebih sejuk merupakan upaya sederhana untuk meminimalkan kerusakan pada folikel rambut,” ujar dia.

Advertisement

2. Terlalu Sering Keramas

Jika Anda mencuci rambut setiap hari, gunakanlah sampo kering hingga kebiasaan itu berkurang menjadi dua kali sepekan. “Cara ini akan membantu mencegah kulit kepala kering dan mengembalikan minyak alami yang membantu rambut Anda terasa halus,” kata Douglas.

3. Malas Memotong Rambut

Advertisement

Mempertahankan panjang rambut dan kesehatannya bisa jadi merupakan kebiasaan yang Anda sulit lakukan. Douglas mengungkapkan kerap menemui kliennya yang ogah kehilangan rambut panjang mereka.

Padahal, dalam dunia tata rambut, dikenal teknik pemotongan yang sangat sedikit mengorbankan ukuran panjang rambut. Cara ini bisa membuat rambut sehat tanpa kehilangan panjangnya secara berarti.

4. Menyisir Rambut Basah

Advertisement

Salah satu kebiasaan yang paling sulit terlewatkan adalah menyisir rambut kurang dari lima menit setelah mandi atau keramas. Padahal, perilaku ini bisa menyebabkan rambut rentan pecah. Jadi, sisirlah rambut dalam keadaaan kering. “Saya merekomendasikan sisir bergigi lebar,” kata Douglas.

5. Pola Makan Salah

Saatnya menyingkirkan makanan olahan dan gula jika Anda benar-benar berkomitmen memiliki rambut berkilau. Sebaiknya konsumsilah lebih banyak gandum, bayam dan lemak sehat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif