Lifestyle
Kamis, 2 Februari 2017 - 23:45 WIB

TIPS KECANTIKAN : 5 Bahan Alami Ini Ampuh Usir Komedo

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Cara Hilangkan Komedo (Boldsky)

Tips kecantikan kali ini tentang lima bahan alami yang ampuh mengusir komedo.

Solopos.com, SOLO – Selain jerawat, komedo merupakan masalah yang kerap dikeluhkan para wanita. Komedo merupakan bintik-bintik hitam atau putih yang muncul di permukaan kulit. Komedo biasanya kerap muncul di bagian hidung. Jika tidak dibersihkan tuntas, komedo dapat mengganggu penampilan.

Advertisement

Kebanyakan wanita mengatasi komedo hanya dengan memakai sabun pembersih muka. Padahal, cara tersebut tidak benar-benar mampu membasmi komedo hingga ke akarnya. Akibatnya, komedo seringkali muncul kembali dan membuat kulit wajah tampak kering, kasar, dan kusam.

Anda tentu tak mau hal itu terjadi bukan? Nah, sebenarnya komedo bisa dihilangkan dengan mudah menggunakan bahan alami. Mau tahu apa saja bahan alami yang dapat menghilangkan komedo? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com, Kamis (2/2/2017), dari laman Allure berikut ini:

Advertisement

Anda tentu tak mau hal itu terjadi bukan? Nah, sebenarnya komedo bisa dihilangkan dengan mudah menggunakan bahan alami. Mau tahu apa saja bahan alami yang dapat menghilangkan komedo? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com, Kamis (2/2/2017), dari laman Allure berikut ini:

Lemon
Lemon memiliki kandungan alami yang ampuh menghilangkan komedo. Selain itu, lemon juga bisa memudarkan bekas jerawat dan membuat kulit tampak lebih cerah. Cara pemakaiannya pun cukup mudah. Siapkan air perasan lemon dalam sebuah mangkuk dan campurkan sedikit garam.

Setelah itu, rendam beberapa lembar kapas ke dalam larutan lemon tersebut, kemudian tempelkan ke bagian wajah yang ditumbuhi komedo. Biarkan kapas menempel selama 30 menit sampai mengering. Setelah itu, bilas wajah dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya lakukan perawatan ini dua kali dalam sepekan.

Advertisement

Selama menunggu ramuan tersebut bekerja, masukkan sendok ke dalam kulkas. Setelah 15 menit, bilas wajah dengan air bersih, dan lakukan pemijatan menggunakan sendok yang telah didinginkan tadi. Pemijatan dengan sendok dingin ini berguna untuk menutup pori-pori kulit yang terbuka. Lakukan perawatan ini sekali dalam sepekan untuk mendapatkan hasil maksimal.

Putih telur
Selain mengencangkan kulit, putih telur juga dipercaya ampuh mengangkat komedo. Caranya, oleskan putih telur pada wajah yang telah dibersihkan menggunakan kuas lembut. Diamkan masker tersebut selama 30 menit sampai mengering. Bagi Anda yang tidak tahan dengan bau amis dari putih telur bisa menambahkan perasan air jeruk lemon ke dalam masker ini. Setelah kering, bilas wajah dengan air bersih.

Madu
Madu memang memiliki segudang manfaat untuk merawat kecantikan. Bukan hanya menghaluskan kulit, madu ternyata bisa dipakai untuk menghilangkan komedo. Caranya, panaskan tiga sendok makan madu menggunakan api lilin. Setelah madu menjadi hangat, tambahkan satu sendok makan gula pasir, lalu oleskan ke bagian wajah yang ditumbuhi komedo. Diamkan selama 30 menit sampai madu mengering. Setelah itu, gosok wajah secara perlahan sambil dibersihkan.

Advertisement

Lidah Buaya
Sejak dulu, lidah buaya dikenal memiliki segudang manfaat untuk merawat kecantikan kulit. Selain menyembuhkan jerawat, melembapkan, serta menghaluskan kulit ternyata tumbuhan yang satu ini juga ampuh mengangkat komedo. Cara memakainya cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan lendir lidah buaya pada bagaian wajah yang ditumbuhi komedo.

Selain melakukan perawatan dengan beberapa bahan alami di atas, Anda juga tidak diperbolehkan memencet bagian wajah yang ditumbuhi komedo. Hal tersebut justru akan memperparah kondisi wajah. Anda juga tidak diperbolehkan membersihkan wajah dengan air hangat. Suhu air hangat akan membuka pori-pori kulit yang menyebabkan masuknya kotoran serta bakteri penyebab jerawat dan komedo. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif